3 Tips Mengenalkan Literasi kepada Anak

  • 2 min read
  • Aug 02, 2020
Table Of Content [ Close ]

    Halo, Smart Ladies!

    Membaca adalah jendela dunia. Dengan membaca Ladies bisa mengetahui berbagai hal yang ada di dunia meski raga tetap di tempat dan tak pergi kemana pun. Dengan membaca Ladies juga bisa menambah wawasan agar pengetahuannya semakin luas, terlebih lagi membaca adalah budaya dan tolok ukur kemajuan sebuah bangsa, lo.

    Lalu, bagaimana menjadikan budaya baca dan menanamkan cinta literasi pada anak-anak? Karena literasi itu tak hanya sebatas mampu membaca deretan huruf yang ada di atas kertas semata. Berikut ini adalah tips untuk Smart Ladies bagaimana mengajarkan cinta literasi pada anak-anak sejak dini. Yuk, simak!

    1. Sediakan Buku Bermanfaat

    Smart Ladies yang ingin mengenalkan anak pada dunia literasi? Sediakan buku bermanfaat bagi anak-anak. Carilah buku dengan tema sederhana yang mampu memunculkan rasa penasarannya. Biasanya buku anak-anak yang bagus di usia dini adalah yang tak menggunakan banyak kata-kata, melainkan penuh warna, mengingat anak-anak masih berada dalam tahap belajar mengenal visual. Letakkan buku-buku anak di tempat yang mudah dijangkau oleh anak agar ia leluasa mengambil kapan pun ia butuhkan dan inginkan. Selalu ingatkan anak untuk merawat buku-bukunya sendiri setelah dibaca agar ia paham bagaimana menjaga buku-bukunya

    2. Gunakan Metode One Day One Book

    Luangkan waktu setiap harinya untuk membacakan cerita pada anak-anak. Jadikan momen membaca sebagai sebuah kebiasaan dalam keluarga sebagai media waktu untuk berkumpul bersama, atau Smart Ladies bisa memberikan waktu tiga puluh menit sebelum waktu tidur anak-anak untuk membacakan dogeng cerita pada mereka. Jadikan membaca minimal satu buku anak sederhana untuk menemaninya sebelum tidur malam. Bacakan dengan intonasi yang lucu, menggembirakan, dan berpura-pura bermain peran sesuai dengan cerita yang ada di dalam buku.

    3. Batasi Screen Time

    Ladies bisa membatasi waktu screen time pada anak, yaitu mengurangi waktu bermain gawai atau menonton layar televisi. Ajak anak-anak agar tidak terlalu banyak berada di depan layar televisi atau ponsel pintar mereka. Arahkan mereka membuka buku cerita dibandingkan menonton televisi. Jika belum bisa membatasi, awasi tontonan anak-anak. Pastikan mereka menonton yang benar-benar cocok untuk usia mereka.

    Nah, bagaimana? Mau mulai mencoba mengajarkan literasi pada anak, Ladies? Yuk, ajak anak menyukai literasi sejak dini agar kecintaannya pada dunia baca semakin terasah di usia dewasanya kelak. Semoga tips ini bisa membantu Smart Ladies di rumah, ya, Selamat mencoba.

    Dikutip dari :
    https://joeragan-artikel.com/3-tips-mengenalkan-literasi-kepada-anak/

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *