4 Cara Menghemat Baterai HP Amdroid

Cara Menghemat Baterai HP Android – Baterai termasuk salah satu komponen penting yang ada pada sebuah ponsel, karena tanpa baterai ponsel tidak bisa menyala apalagi di gunakan. Salah satu kelemahan dari smartphone terutama yang menggunakan sistem operasi Android adalah baterainya yang cepat sekali habis.

Ya, meskipun saat ini sudah banyak produsen ponsel yang memberikan kapasitas baterai besar pada setiap smartphone keluaran mereka. Namun itu bukan jadi solusi yang terbaik. Solusi yang paling tepat adalah dengan cara menghemat supaya konsumsi baterai tidak cepat habis. Nah, di artikel kali ini sudah di ulas bagaimana cara menghemat baterai HP android degan mudah.

Cara Menghemat Baterai HP Android

Related Topic

READ  Cara Menebalkan Alis Secara Alami

Meskipun saat ini sudah banyak hadir perangkat penyimpan daya atau PowerBank. Namun, jika daya pada PowerBank tidak di isi juga akan terasa percuma dan tidak bisa di gunakan. Nah, untuk itulah kamu perlu tau bagaimana cara menghemat baterai HP khususnya dengan sistem operasi android.

1.Perhatikan Aplikasi yang Berjalan

Banyaknya aplikasi yang terpasang pada smartphone juga menjadi penyebab baterai boros. Oleh sebab itulah kamu harus periksa secara berkala aplikasi apa saja yang berjalan di latar belakang. Jika sewaktu-waktu kamu merasa baterai smartphone cepat sekali habis, kamu bisa mengeceknya melalui menu Setting dan pilih opsi Battery Usage. Periksa aplikasi apa saja yang membuat baterai cepat sekali habis, kemudian matika aplikasi tersebut.

2.Disable Aplikasi Bawaan

Faktanya ada banyak sekali pengembang ponsel yang menyematkan aplikasi bawaan di dalam smartphone keluaran mereka. Padahal kebanyakan dari kita pasti tidak membutuhkan aplikasi bawaan tersebut dan mmalah mebuat storage penuh serta boros baterai.

READ  Pemutih Wajah Alami yang Cepat dan Aman untuk Kulit

Agar baterai jadi lebih hemat, kamu bisa melakukan disable ke beberapa aplikasi bawaan dengan cara masuk ke menu Setting > Apps > Pilih Aplikasi > Lalu Disable.  Jika smartphone kamu memiliki akses root, kamu bisadengan mudah menghapus semua aplikasi bawaan tersebut.

3.Battery Saver Mode

Kebanyakan ponsel pintar saat ini sudah memiliki fitur Battery Saver Mode. Fitur yang satu ini adalah fitur bawaan android, khususnya smartphone android dengan sistem operasi di atas Lollipop. Fitur yang satu ini cukup ampuh dalam menghemat konsumsi daya baterai yang berlebih.

Dengan mengaktifkan fitur yang satu ini, maka semua sistem yang banyak mengkonsumsi daya akan di batasi mulai dari kecerahan layar hingga koneksi seluler dan WiFi. Cara mengaktifkan fitur ini juga sangat mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu Setting > Battery > Battery Saver kemudian aktifkan fiturnya.

READ  Cara Menghilangkan Bulu di Wajah Secara Alami

4.Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Android adalah salah satu sistem operasi yang banyak di gunakan pada smartphone. Hal itu karena, android memiliki banyak sekali aplikasi yang sangat berguna dan memudahkan para penggunanya. Salah satunya adalah aplikasi penghemat baterai yang fungsinya untuk menghemat penggunaan daya baterai.

Cara kerja dari aplikasi ini biasanya hampir sama dengan fitur Battery Saver yang ada pada android. Hanya saja, ada beberapa fitur tambahan yang di sematkan di dalam aplikasi tersebut. Mulai dari pembersih sampah, game booster dan lain sebagainya. Ada banyak pilihan aplikasi penghemat daya yang bisa kamu coba mulai dari DU Battery Saver, Battery Doctor, Clean Master dan lain sebagainya.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara menghemat baterai HP android dengan mudah. Dengan menerapkan cara di atas di jain konsumsi daya pada smartphone kamu akan jadi jauh lebih hemat lagi.