Keep Spirit

4 Fakta Unik di Balik Nama Indonesia

Written by Frederik Kovacek · 1 min read >

Halo, Smart Ladies!Bagi masyarakat Indonesia, bulan Agustus selalu membawa semangat patriotisme karena ada dua hari besar nasional yang jatuh pada bulan ini.

Kedua hari tersebut adalah Hari Pramuka pada tanggal 14 Agustus dan Hari Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus.Momen tersebut membawa kita kembali ke masa lalu saat Indonesia berada dalam belenggu penjajahan, baik secara fisik maupun nonfisik.Hal yang tidak banyak orang ketahui adalah nama Indonesia kala itu belum terkenal seperti sekarang.

Wilayah Nusantara masih terdiri dari banyak kerajaan, belum menjadi sebuah negara kesatuan. Timbul pertanyaan, bagaimana sejarah lahirnya nama ‘Indonesia’?Orang Eropa Pencetus Nama IndonesiaPada awalnya, penjajah Belanda menamai wilayah Indonesia dengan Hindia Belanda. Namun, karena mirip dengan daerah lain di Asia, nama ini membuat bingung orang-orang Eropa.

Oleh sebab itulah, mereka membuat nama khusus untuk Hindia Belanda.Akhirnya, Richardson Logan mencetuskan nama Indonesia dan menuliskannya dalam jurnal ilmiah Journal of Indian Archipelago and Eastern Asia (JIAEA) pada tahun 1850.

Pers yang Memopulerkan Nama Indonesia Jika bukan karena gagasan Suryadi Suryaningrat atau yang lebih kita kenal dengan Ki Hajar Dewantara, nama Indonesia mungkin akan meredup.Pada tahun 1913, ia dibuang ke Belanda karena kegigihannya mengampanyekan persatuan. Walaupun dalam pengawasan penjajah, semangat perjuangannya tidak luntur.

Di sana, ia pun mendirikan sebuah biro pers dengan nama Indonesische Persbureau.Indonesische adalah nama Indonesia dalam pelafalan bahasa Belanda. Selanjutnya, istilah pribumi atau inlander yang terkesan merendahkan diganti dengan Indonesier yang berarti orang Indonesia.Kepopuleran nama Indonesia membuat penjajah merasa gerah karena kemudian muncul organisasi-organisasi politik yang menggunakan nama Indonesia dan bertujuan memerdekakan bangsa ini.

Pemuda Menjadi Pelopor Berdirinya IndonesiaMunculnya organisasi politik sekitar tahun 1920-an berujung pada sebuah konsensus persatuan para pemuda seluruh Indonesia.Pada tahun 1928, mereka mengadakan Kongres Pemuda II yang dihadiri perwakilan pemuda dari berbagai daerah. Mereka memproklamasikan Sumpah Pemuda. Dalam Sumpah Pemuda, nama Indonesia melekat pada komponen identitas negara, yaitu bangsa, bahasa, dan tanah air.

Hal itu menunjukkan betapa luar biasa semangat patriotisme itu hadir di tengah bangsa yang mengalami penindasan penjajah.Proklamasi Kemerdekaan Mengukuhkan Posisi IndonesiaBenarlah apa yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 bahwa kemerdekaan Indonesia atas berkat rahmat Allah dan didorong oleh keinginan luhur para pejuang kemerdekaan.

Melemahnya kekuasaan Jepang sebagai akibat dari pengeboman Hiroshima dan Nagasaki merupakan berkat Allah yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Para pejuang pun memanfaatkan momen tersebut. Oleh karena itu, pada tanggal 17 Agustus 1945, sebuah deklarasi kemerdekaan mengukuhkan nama Indonesia. Dengan adanya proklamasi, Indonesia mengalami fase baru, yaitu perjuangan agar Indonesia lebih dikenal dalam kancah dunia. Nah, Ladies, itu dia 4 fakta unik yang melatari lahirnya nama Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *