Keep Spirit

4 Kebiasaan yang Bikin Jerawat Tetap Awet

SPIRIT – Untuk kamu para pejuang jerawat alias acne fighter yang merasa sudah coba banyak skincare untuk mengatasi dan mencegah jerawat. Tapi...

Written by Keep Spirit · 1 min read >

SPIRIT – Untuk kamu para pejuang jerawat alias acne fighter yang merasa sudah coba banyak skincare untuk mengatasi dan mencegah jerawat. Tapi entah kenapa, jerawat-jerawat di wajah masih saja sering muncul. Pasti kesal rasanya, kamu sudah punya skincare routine sampai puluhan step tapi masih saja jerawatan.

Kalau kayak gini biasanya kamu langsung ganti produk skincare yang lebih mahal atau lebih manjur lagi untuk jerawat kamu. Tapi eits, tunggu dulu bisa jadi yang bikin jerawat kamu tetap awet bukan karena skincare kamu tidak cocok atau kurang ampuh, loh.

Bisa saja ada yang salah dengan gaya hidup kamu yang menyebabkan jerawat tetap rajin muncul di wajah kamu. Mungkin saja skincare yang kamu gunakan sudah cocok untuk kulit kamu. Namun karena masalah kebiasaan atau adanya kesalahan di skincare routine kamu jadi tetap timbul jerawat.

Nah, sebelum ganti skincare coba simak daftar yang dirangkum oleh Spirit ini. Berikut ini adalah 4 kebiasaan yang bikin jerawat kamu tetap awet.

1. Begadang sebabkan jerawat

Begadang

Benar nih, lagunya Bang Haji Rhoma Irama kalau begadang itu tiada artinya. Karena memang pada nyatanya begadang memberikan banyak dampak negatif ke tubuh kamu. Begadang bisa menurunkan kinerja otak kamu, meningkatkan produksi hormon kortisol yang merupakan penyebab stress.

Selain menyebabkan penambahan jumlah hormon kortisol dalam tubuh juga membawa dampak buruk bagi kulit, loh. Jumlah hormon kortisol yang berlebih ini adalah alasan utama timbulnya jerawat. Makanya jangan sering-sering begadang ya, apalagi kalau tiada perlunya.

2. Pola makan yang tidak sehat picu jerawat

jerawat
Pola Makan Yang Tidak Sehat

Setiap makanan yang kita konsumsi pasti akan membawa terhadap tubuh kita. Termasuk pada kondisi kulit kamu, pola makan yang tidak sehat juga akan memberi pengaruh buruk yang tidak baik pada kulit. Untuk menjaga kondisi kulit melalui makanan. Biasakan untuk mengkonsumsi sayur dan buah secara rutin.

Minum air juga merupakan hal yang sangat penting bagi kulit, jadi pastikan kamu minum cukup air minimal 8 gelas setiap hari ya. Kurang-kurangi makan makanan cepat saji dan makanan manis yang dapat memicu jerawat.

3. Cara mencuci wajah yang salah

jerawat
Cara Mencuci Wajah yang Salah

Walaupun mencuci wajah adalah kebiasaan yang baik untuk kulit namun bisa jadi buruk kalau terlalu sering dilakukan. Terlalu sering mencuci wajah bisa menyebabkan skin barrier atau lapisan yang melindungi kulit kamu akan menjadi rapuh.

Jika skin barrier menjadi rapuh apalagi sampai rusak maka kulit akan mudah dan rentan dimasuki oleh bakteri penyebab munculnya jerawat. Maka dari itu biasakan untuk mencuci wajah secara rutin dengan maksimal mencuci wajah dengan facial wash dua kali sehari, ya.

Written by Keep Spirit
Keep Spirit! Saya hanyalah seorang Penulis Biasa yang Merangkai dan mengembangkan kata demi kata, Merangkum dari Beberapa sumber, dan saat ini saya Sebagai Penulis di Spirit.Web.ID Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *