4 Modal Memulai Suatu Bisnis

  • 2 min read
  • Aug 02, 2020
Table Of Content [ Close ]

    Halo, Smart Ladies!

    Memulai bisnis atau usaha tanpa adanya modal itu adalah hal yang tidak mungkin alias sangat mustahil! Semua bisnis tetap memerlukan modal. Pemahaman orang jika sudah bicara tentang modal suatu bisnis pasti melulu dikaitkan dengan bentuk materi atau uang. Pemahaman tersebut tidak sepenuhnya salah, sih, tetapi, tidak semua modal itu selalu diidentikkan dalam bentuk materi atau uang.

    Modal bisa digali dan ditemukan dalam diri Ladies sendiri. Ada banyak potensi dalam diri Ladies yang bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis. Oleh karena itu, mari mulai kenali dan inventarisir potensi yang ada di diri Ladies baik itu berupa skill, ilmu pengetahuan, atau kesempurnaan akal dan fisik yang telah dianugerahkan oleh Allah Swt. lalu pergunakan secara optimal.

    Bagaimana cara menggunakannya secara optimal dalam hubungannya memulai suatu bisnis? Kolaborasikan bersama empat modal berikut:

    1. Niat

    Terkadang, orang merasa dan menyepelekan arti niat dalam melakukan sesuatu. Padahal, jika mau dipahami lebih dalam, segala sesuatu itu sangat tergantung dari niatnya. Nabi Muhammad saw. sendiri mengajarkan dari hadis riwayat Bukhari, “Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan.” Jadi, penting bagi kita untuk meluruskan niat dan tujuan dalam memulai sesuatu.

    Tidak dipungkiri, kita memulai suatu bisnis tentunya untuk mencari rezeki bukan? maka, dalam hal ini niatkan memulai suatu bisnis untuk mencari rezeki yang halal, berkah dunia dan akhirat.

    1. Berusaha

    Berusaha yang dimaksudkan di sini adalah Ladies memulai bisnis itu dengan sungguh-sungguh, benar-benar berusaha atau bekerja secara giat untuk mencapai target dalam bisnis yang ingin dimulai nantinya. Kerahkan seluruh tenaga dan kemampuan yang Ladies miliki karena kesuksesan dalam bisnis tidak bisa didapatkan secara instan.

    Niat tanpa dibarengi dengan usaha ibarat buku tulis tanpa pena. Tidak akan pernah terisi guratan-guratan pena dalam buku tulis tersebut. Tetap kosong tanpa makna.

    1. Ketekunan

    Ketekunan adalah kemampuan Ladies untuk bertahan di tengah tekanan dan kesulitan. Adanya ketekunan dalam berbisnis akan membuang jauh sikap putus asa. Jangan hanya berhenti di langkah awal. Memang makin jauh berjalan, makin banyak rintangan yang akan dihadapi. Namun, yakinlah setiap langkah yang Ladies lalui akan menuju kesuksesan yang diimpikan.  Apa pun yang Ladies lakukan, jangan sampai kehilangan ketekunan. Selalu praktikkan kalimat positif semisal, “kalau orang lain bisa, saya pun harus bisa”sesering mungkin bagi diri Ladies sendiri sebagai penyemangat.

    1. Berdoa

    Last but not least, berusaha tanpa berdoa sama saja takabur, ya, Ladies. Oleh karena kita sebagai umat beragama, doa itu adalah senjata yang paling ampuh dari seluruh senjata yang ada di muka bumi ini. Ladies boleh berusaha, tetapi Allah Swt. jualah pemberi rezeki yang sesungguhnya. Serahkan saja kepada Allah Swt. kapan usaha dan doa kita akan terkabul. Allah lebih tahu apa yang terbaik buat hamba-hamba-Nya.

    So, Ladies, jika ke-4 modal tersebut digunakan, akan menjadi sumber modal yang luar biasa untuk memulai suatu bisnis. Semangat memulai bisnis, Ladies!

    Dikutip dari :
    https://joeragan-artikel.com/4-modal-memulai-suatu-bisnis/

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *