4 Tips Belanja Mingguan – Joeragan artikel

  • 2 min read
  • Aug 02, 2020
Table Of Content [ Close ]

    Hai, Smart Ladies! Bagaimana agar belanja mingguan terkontrol?

    Dewasa ini, banyak perempuan yang mengabdikan hidupnya di luar rumah. Entah bekerja sebagai tenaga kantoran atau jasa, menjadi guru dan perawat misalnya. Padahal tidak sedikit yang merangkap sebagai ibu rumah tangga. Lalu bagaimana dengan tanggung jawab mereka di rumah?

    Meskipun perempuan berkarir di luar  rumah, masih banyak yang beranggapan, itu bukan tugas utama mereka. Perempuan lazim berhubungan dengan dapur. Sedangkan waktu yang dibutuhkan laki-laki maupun perempuan dalam bekerja itu sama, dari pagi hingga petang. Apakah laki-laki juga bertanggung jawab dengan dapur? Tentu saja tidak.

    Sebagai perempuan, Ladies harus pandai mengatur waktu jika memutuskan untuk bekerja. Time managemen yang bagus akan mendukung kinerja di dalam maupun luar rumah lebih optimal. Salah satunya waktu untuk mempersiapkan olahan.

    Sekarang memang banyak fitur aplikasi yang bisa Ladies nikmati sebagai jalan keluar masalah konsumsi. Salah satunya pesan makanan secara online. Akan tetapi, jika Ladies lebih suka mengolah makanan sendiri, tentu saja mempersiapkan bahan makanan membutuhkan waktu, bukan?

    Ada banyak pilihan bagi Ladies jika ingin menghemat waktu belanja. Dengan belanja setiap minggu atau setiap bulan, misalnya. Belanja bulanan biasanya ditujukan untuk memenuhi keperluan rumah tangga yang berbentuk kering, semisal sabun dan beras. Sedangkan belanja mingguan diperuntukkan untuk bahan-bahan basah.

    Bagaimana caranya mensiasati belanja mingguan agar tidak over, sehingga akan terbuang karena tidak bisa digunakan lagi? Pada dasarnya perempuan memiliki kecenderungan kalap saat belanja. Belanja menjadi waktu untuk refhressing karena menyenangkan. Tips berikut bisa Ladies gunakan supaya belanjaan tidak berlebihan.

    1. Buat Menu Selama Seminggu

    Dengan membuat menu penuh selama satu minggu, Ladies akan tahu bahan apa saja yang dibutuhkan untuk memasak. Hal ini meminimalkan belanjaan yang berlebihan. Ladies hanya perlu membeli bahan makanan sesuai daftar. Beri juga alternatif lain, jika bahan tersebut tidak ada di lapangan. Misal, rencana goreng lele bisa dialihkan dengan nila.

    2. Kategorikan Sayur

    Hal ini dilakukan supaya bahan makanan tidak terbuang sia-sia. Ladies perlu tahu, daftar beberapa bahan yang hanya bisa bertahan dalam hitungan hari di dalam lemari pendingin. Jangan sampai bayam Ladies rencanakan untuk dimasak seminggu kemudian. Usahakan untuk awal minggu, menggunakan jenis sayuran yang mudah busuk, lalu hari-hari selanjutnya dengan sayuran yang lebih keras dan tahan lama.

    3. Wadah Penyimpanan

    Meskipun bahan makanan Ladies masukan dalam kulkas, jika tidak diatur, kemungkinan bercampur dan busuk lebih besar. Jadi Ladies harus paham betul, fungsi rak-rak dalam lemari es untuk menyimpan bahan makanan. Wadah penyimpanan yang tertutup rapat akan membantu Ladies lebih mudah mencari barang dan terlihat rapi.

    4. Disiplin

    Ini yang paling penting. Kalau Ladies melanggar rencana yang sudah dibuat, ada dua kemungkinan yang bakal terjadi. Bahan makanan membusuk, karena salah perhitungan waktu atau membutuhkan waktu lagi untuk belanja, sebagai tambal sulam bahan yang sudah tidak ada. Rugi dua kali, bukan? Rugi bahan dan waktu. Kemungkinan besarnya Ladies akan membeli makanan jadi karena tidak ada waktu lagi untuk belanja.

    Nah, Ladies, siap untuk praktik? Menghemat waktu dengan membuat daftar belanja nyatanya sangat efektif bagi pekerja di luar rumah. Semoga tips ini bisa membantu Ladies mengurangi permasalahan seputar managemen waktu.

     

    Dikutip dari :
    https://joeragan-artikel.com/4-tips-belanja-mingguan/

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *