5 Cara Membersihkan Mesin Cuci yang Benar

Cara Membersihkan Mesin Cuci  – Mesin cuci adalah alat bantu yang di ciptakan untuk memudahkan orang dalam mencuci pakaian mereka. Dengan menggunakan mesin cuci maka kegiatan mencuci pakaian jadi lebih mudah dan cepat, sehingga kita bisa melakukan kegiatan yang lain. Meskipun mesin cuci adalah alat pembersih namun ternyata mesin cuci juga perlu untuk di bersihkan.

Mengapa? padahal sabun cuci sudah cukup untuk membersihkan mesin cuci tersebut. Meski demikian mesin cuci juga tetap memiliki risiko menjadi sarang jamur yang berbahaya bagi kesehatan. Pastikan kamu paham bagaimana cara penggunaan mesin cuci agar lebih tahan lama dan tidak kotor. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara membersihkan mesin cuci yang benar.

Cara Membersihkan Mesin Cuci yang Benar

Related Topic

READ  Keuntungan Rental Mobil Elf Saat Bepergian Bareng Keluarga

Mesin cuci sendiri memilikidua tipe yaitu mesin cuci dengan penutup di bagian atas dan mesin cuci dengan penutup di bagian depan. Tentu saja kedua tipe mesin cuci ini memiliki cara perawatan atau pembersihan yang hampir sama. Nah, di bawah ini kita akan membahas secara lengkap bagaimana cara membersihkan mesin cuci yang baik dan benar.

1.Bersihkan Sisa-Sisa Detergen

Mesin cuci yang sudah kosong setelah kamu gunakan , maka langkah pertama yang bisakamu lakukan adalah membersihkan di bagian tabungnya. Proses ini bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa deterjen dan noda yang menempel akibat dari proses pelunturan setelah kam melakukan proses pencucian pakaian.

Karena jika kamu membiarkannya dalam waktu lama dan tidak segera membersihkannya maka ini akan menimbulkan karak di beberapa bagian mesin cuci. Ada baiknya kamu menjalankan program pencucian dengan menggunakan air panas pada mesin cuci yang dalam keadaan kosong selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Jangan lupa juga untuk membuang air bilasan yang ada di dalam mesin cuci.

2.Bersihkan Bagian Dalam Tabung

Melihat betapa pentingnya mesin cuci bagi rumah tangga maka kamu perlu mengetahui bagaimana cara merawat mesin cuci yang benar. Salah satunya adalah dengan membersihkan bagian dalam tabung mesin cuci. Jika bagian dalam mesin cuci kamu terdapat noda yang menempel maka cara terbaik untuk membersihkannya dengan menggunakan cairan pemutih klorin.

READ  Jenis Burung Murai Batu yang Punya Suara Merdu

Caranya adalah dengan memasukkan cairan klorin ke dalam dispenser mesin cuci. Setelah itu nyalakan siklus pencucian selama beberapa menit. Selanjutnya matikan mesin cuci dan biarkan cairan klorin berada di dalam tabung selama satu jam. Dengan begitu noda dan jamur akan terangkat dari mesin cuci. Jangan lupa juga untuk membilasnya dengan menggunakan air bersih.

3.Bersihkan Bagian Filter

Jika kamu jarang membersihkan mesin cuci, maka proses pencucian pakaian akan sedikit terganggu dan kurang optimal. Tersumbatnya bagian filter mesin cuci bisa di akibatkan dari serat kain yang membuat air mengucur lebih sedikit dan proses pencucian jadi lebih lama. Agar tidak terjadi hal semacam itu maka kamu perlu membersihkan bagian filter di mesin cuci.

Cara membersihkan mesin cuci terutama di bagian filter adalah dengan menarikknya sampai kantong filter terlepas. Setelah itu bersihkan dengan perlahan menggnakan air yang mengalir, jika sudah bilaslah dengan menggunakan air bersih. Terakhir jemur kantong filter sampai kering dan pasang kembali pada mesin cuci.

READ  Tips Belanja di Online Shop Agar Tidak Tertipu

4.Bersihkan Bagian Laci Detergen

Selain bagian tabung ada bagian lain di mesin cuci yang juga perlu untuk kamu bersihkan, yaitu di bagian laci detergen. Kamu bisa melepas laci detergen dan merendamnya di dalam ember yang berisi air. Jika sangat kotor kamu bisa menambahkan pembersih atau larutan cuka. Kemudian kamu bisa membersihkannya dengan cara di sikat secara perlahan menggunakan sikat gigi bekas sampai noda detergen dan kotoran lain hilang.

5.Bersihkan Bagian Luar

Bagian luar mesin cuci juga penting untuk di bersihkan agar lebih sempurna pembersihannya. Setelah kamu selesai membersihkan semua bagian dalam dari mesin cuci, berikutnya kamu bisa membersihkan di bagian luarnya. Kamu bisa menggunakan lap untuk membersihkan bagian luarnya. Atau jika ingin lebih maksimal kamu bisa menggunakan air hangat dan larutan cuka dan mengelap seluruh bagian mesin cuci secara perlahan.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara membersihkan mesin cuci yang baik dan benar. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas maka mesin cuci kamu akan tampak bersih dan baru. Dengan rutin membersihkan mesin cuci maka masa pakainya akan jadi lebih lama alias lebih awet.