Keep Spirit

5 Destinasi Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Kalimantan Timur

5 destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Kalimantan Timur (foto: phinemo) SPIRIT – Kalimantan Timur sudah ditetapkan menjadi Ibu Kota baru Indonesia....

Written by Keep Spirit · 2 min read >
5 destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Kalimantan Timur (foto: phinemo)
5 destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Kalimantan Timur (foto: phinemo)

SPIRIT – Kalimantan Timur sudah ditetapkan menjadi Ibu Kota baru Indonesia. Selain itu, Kalimantan Timur juga memiliki beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kalimantan Timur menyuguhkan wisata alam yang eksotis. Pulau-pulau kecil yang memiliki pantai indah, dan juga wisata bawah laut menjadi satu hal yang ditawarkan Kalimanta Timur.

Kalimantan Timur adalah provinsi yang wajib masuk ke dalam list tujuan wisata kamu berikutnya. Ini bukanlah tanpa alasan, provinsi yang beribu kota Samarinda ini menhadirkan beragam tempat wisata yang tidak kalah menawan dari Bali, Jawa, bahkan Lombok. Tidak sedikit juga wisatawan yang mengakui bahwa Kalimantan Timur memiliki salah satu panorama terbaik di Dunia.

Tidak cukup dengan waktu satu atau dua hari saja jika kamu ingin puas berwisata di Kalimantan Timur karena banyak sekali wisata yang sangat menarik disini. Nah, dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah 5 destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi di Kalimantan Timur ibu kota baru Indonesia.

1. Gua Haji Mangku, Wisata tersembunyi di Pulau Maratua Kalimantan Timur

Gua Haji Mangku terletak di tebing pantai terpencil. Gua ini memiliki air yang sangat jernih dan tenang. Selain itu, Gua Haji mangku juga memiliki stalaktit yang mempesona selayaknya gua alam laiinnya. Gua Haji Mangku terkenal sebagai wisata yang tersembunyi karena sebelum kamu sampai disini, kamu harus melalui sebuah gua terlebih dahulu.

Meskipun akses untuk menuju ke sini tersembunyi dan menantang, setelah sampai tujuan rasa Lelah kamu akan terbayar karena suguhan danau dengan air yang jernih. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Gua Haji Mangku ini, tidak dipungut bayaran tiket masuk. Kamu hanya perlu menyiapkan biaya transportasi saja, terutama untuk menyewa perahu nelayan.

Gua Haji Mangku belum memiliki fasilitas penunjang wisata. Kamu harus menyiapkan bekal sendiri yang bisa di beli di wilayah Maratua sebelumnya. Nah, bagi kamu yang ingin snorkeling, free-diving ataupun cave diving di lokasi gua juga harus membawa alat-alat kamu sendiri karena belum adanya jasa penyewaan alat-alat tersebut di sekitar area gua.

Gua Haji Mangku Berada di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Untuk menuju kesini kamu dapat memulai perjalanan dari Pulau Maratua. Hal ini dikarenakan lokasi Gua Haji Mangku lebih dekat bila diakses dari Maratua. Untuk sampai ke tujuan kamu bisa memilih menggunakan jalur laut. Kamu menyewa perahu milik nelayan local ataupun speed boat.

2. Berenang bebas dengan ubur-ubur tanpa taku tersengat di Pulau Kakaban

Mungkin kamu sudah sering sekali mendengar tentang Pulau Kakaban. Pulau kakaban memiliki danau yang dihuni ribuan bahkan jutaan ubur-ubru yang tidak menyengat. Kamu bisa berenang bebas di danau alami ini. Tapi ingat, jangan menangkap ubur-ubur yang ada disana meskipun tidak menyengat apa lagi dengan sengaja membunuhnya.

Pulau Kakaban adalah pulau terluar di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau yang luasannya didominasi danau hingga 80 persen ketimbang daratannya ini, dulunya berada dalam gugusan Pulau Derawan. Kini, wilayah seluas 774,2 hektar ini masuk Kecamatan Maratua, tepatnya di Kampung Payung-payung.

Ada dua jenis ubur-ubur di danau ini, Golden Jellyfish dan Moon Jellyfish. Masing-masing beda warna, dari jingga, kemerah-merahan, putih, bahkan ada yang terlihat seperti ungu muda. Setiap wisatawan yang datang, akan disambut baik oleh penjaga Pulau Kakaban yang merupakan warga kampung Payung-payung.

Untuk menuju pulau ini, dari Bandara Kalimarau, Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, bisa dilanjutkan dengan speedboat kapasitas 200 PK selama 3 jam. Atau, bila melalui jalan darat, terlebih dulu menuju Tanjung Batu selama 2 jam perjalanan yang berikutnya dilanjut dengan speedboat sekitar 1 hingga 2 jam. (sumber: mongabay)

3. Wisata ke surganya para penyelam di pulau Maratua Kalimantar Timur

Pulau Maratua adalah sebuah kepingan surga yang terselip di Kepulauan Derawan Kalimantan Timur. Bagai surga tersembunyi, Pulau Maratua menyajikan hamparan laut biru yang bersanding manis dengan putihnya pasir pantai. Ditambah dengan keelokan alam bawah laut yang luar biasa. Aura eksotisme Maratua benar-benar terpancar dari kolaborasi sempurna pasir putih dan birunya air laut.

Hal ini semakin dikuatkan dengan kualitas air yang sangat jernih dan terumbu karang yang terjaga sangat baik. Pulau Maratua memiliki terumbu karang indah bertipe fringing reef. Para penyelam pun bagai menemukan ‘surga’ baru. Didominasi padang lamun dengan jenis Halodule Uninervis, beraneka ragam jenis ikan juga turut menemani wisatawan yang pergi menyelam.

Bukan itu saja, senja di Maratua juga indah. Suasana hening dan deburan ombak yang mulai meyapu seiring air laut pasang, menawarkan sensasi berbeda. Begitu juga saat matahari bangkit dari tidurnya. Lembayung cahaya jingga begitu indah, menawarkan sensasi yang tak ingin cepat hilang. Maratua telah memiliki resort dan cottage yang bisa menjadi pilihan dan berstandar internasional.

Dari segi aksesibilitas, Maratua juga cukup mumpuni. Bagi wisatawan dari Jakarta menuju Maratua bisa melalui Tarakan atau via pelabuhan Tanjung Redep setelah turun di Bandara Kalimarau, Berau. Pulau satu ini memang wajib masik kedalam list kamu.

Written by Keep Spirit
Keep Spirit! Saya hanyalah seorang Penulis Biasa yang Merangkai dan mengembangkan kata demi kata, Merangkum dari Beberapa sumber, dan saat ini saya Sebagai Penulis di Spirit.Web.ID Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *