Keep Spirit

6 Hal yang Menyebabkan Flek Hitam, Hindari Mulai Sekarang!

SPIRIT – Ada banyak sebab munculnya flek hitam yang bisa kita hindari. Flek hitam pada kulit atau yang sering juga disebut dengan...

Written by Keep Spirit · 1 min read >

SPIRIT – Ada banyak sebab munculnya flek hitam yang bisa kita hindari. Flek hitam pada kulit atau yang sering juga disebut dengan hiperpigmentasi adalah kondisi ketika satu area kulit menghasilkan lebih banyak melanin daripada yang biasanya. Melanin adalah pigmen pemberi warna pada mata, kulit, dan rambut. Sehingga area kulit yang kelebihan melanin biasanya akan kelihatan lebih gelap daripada area kulit lain sehingga munculah flek hitam.

Flek hitam sebenarnya merupakan hal yang alami terjadi pada kulit dan keberadaannya tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Namun kemunculan flek hitam pada kulit wajah terkadang cukup menganggu bahkan bisa menurunkan mood sehari-hari. Banyak orang yang memilih untuk menghilangkannya karena alasan penampilan.

Agar penampilan kamu tidak terganggu dengan adanya flek hitam. Lebih baik kamu menghindari hal-hal yang menyebabkan munculnya flek hitam. Berikut ini adalah 7 sebab munculnya flek hitam yang dapat kita hindari.

1. Paparan sinar matahari

sinar matahari
sinar matahari

Penyebab munculnya flek hitam yang sering dihadapi orang sehari-hari adalah karena terpapar sinar matahari. Flek hitam yang disebabkan karena sinar matahari biasanya disebut sebagai bintik sinar matahari. Area tubuh yang paling sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, tangan, atau lengan sangat beresiko untuk mengalami flek hitam.

Untuk menghindari munculnya flek hitam karena paparan sinar matahari. Ada baiknya kita tidak terlalu lama membiarkan kulit terpapar sinar matahari dan selalu menggunakan tabir surya ketika beraktivitas.

2. Perubahan hormon

Perubahan Hormon
Perubahan Hormon

Munculnya flek hitam juga bisa disebabkan adanya perubahan pada kadar hormon tubuh. Kondisi ini sangat sering terjadi pada wanita, terutama pada saat hamil. Kondisi ini disebut dengan Melasma. Melasma ini adalah kondisi kulit yang menyebabkan bercak kecil perubahan warna kulit. Perubahan hormon bisa memicu melasma.

3. Efek samping obat

Efek Samping Obat
Efek Samping Obat

Ada obat-obatan tertentu yang jika dikonsumsi bisa menyebabkan efek samping flek hitam dan bintik hitam pada kulit. Obat-obatan yang paling sering menimbulkan efek samping ini yang paling umum adalah obat anti inflamasi non steroid atau NSAID, tetrasiklin, dan obat psikotropika.

Karena itu andai saja kamu harus mengkonsumsi obat-obatan tersebut karena alasa kesehatan. Pastikan kamu meminumnya sesuai dengan anjuran dokter dan dalam pengawasan medis agar tidak menimpulkan efek samping yang berlebihan.

4. Proses penyembuhan luka

Proses penyembuhan luka hindari flek hitam
Proses penyembuhan luka

Flek hitam juga bisa berasal dari bekas proses penyembuhan luka. Biasanya jika kulit kita terluka maka akan bekas flek hitam yang tersisa setelah luka itu sembuh. Tapi sebenarnya kamu tidak perlu khawatir soal flek hitam jenis ini. Karena flek hitam karena bekas luka mungkin sekali untuk memudar seiring dengan berjalannya waktu.

Written by Keep Spirit
Keep Spirit! Saya hanyalah seorang Penulis Biasa yang Merangkai dan mengembangkan kata demi kata, Merangkum dari Beberapa sumber, dan saat ini saya Sebagai Penulis di Spirit.Web.ID Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *