6 Makanan Khas Dubai Terkenal Paling Populer dan Lezat

  • Share
Keep Spirit – Dubai memang terkenal dengan kemewahan serta keunikan arsitektur bangunannya serta dikenal sebagai salah satu kota yang paling maju di abad Millenium ini.
Ibukota Uni Emirat Arab ini menjadi destinasi wisata menarik nan indah yang wajib dikunjungi. Mau menikmati wisata malam di Burj Khalifa, pasti menyenangkan. Menikmati wisata di Dubai kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kulinernya.

Makanan Khas Dubai Terkenal Paling Lezat

Dubai ternyata terkenal dengan ragam kuliner makanan khas yang menggugah selera. Makanan-makanan khas Dubai tersebut biasanya didominasi bahan-bahan segar dan menyehatkan. Sebut saja tabbouleh hingga shawarma yang terbuat dari sayur-sayuran segar.

Selain tabbouleh dan shawarma, ternyata ada ragam makanan khas Dubai lain yang terkenal lezat dan sehat, lho. Ingin tahu apa saja? Berikut informasi selengkapnya :

1. Al Harees yang disantap dengan taburan kacang-kacangan

Makanan Populer Khas Dubai Terkenal Paling Lezat

Al Harees sendiri merupakan makanan yang terdiri dari gandum dan potongan daging dibumbui dengan garam. Setelah bahan-bahan itu dicampurkan lalu dimasak hingga teksturnya lembut dan dipanggang selama beberapa jam. Saat disajikan, masyarakat Dubai pun biasanya menambahkan taburan kacang-kacangan di atasanya.

2. Falafel yang disajikan dengan salad atau acar sayuran

Makanan Populer Khas Dubai Terkenal Paling Lezat

Ibukota Uni Emirat Arab, Dubai masih memiliki makanan lezat khas lainnya, salah satunya falafel. Bahkan saat ini falafel bisa dinikmati di seluruh dunia.

Pembuatan falafel dengan merendam kacang-kacangan kering seperti kacang fava di dalam air selama berjam-jam hingga mengembang dan dibentuk kembali seperti perkedel.

Kacang yang belum dimasak kemudian dicampur dengan rempah segar, perasa, ragi, soda kue atau baking powder yang menyebabkan falafel sedikit mengembang dan menjadi cerah saat dimasak.

Setelah itu, biasanya falafel disajikan dengan salad, acar sayuran, saus pedas dan saus berbahan tahini. Di Dubai sendiri, falafel dinikmati langsung atau disajikan dengan roti pita atau roti taboon.

3. Machboos yang mirip dengan nasi briyani

Makanan Populer Khas Dubai Terkenal Paling Lezat

Makanan khas Dubai yang patut dicoba selanjutnya yaitu Machboos. Makanan lezat ini penampilannya sedikit mirip dengan nasi briyani.

Bedanya, Machboos terbuat dari nasi, tomat serta daging domba atau kambing yang sudah dibumbui dan dimasak dalam kaldu maupun rempah-rempah.

Machboos sering disantap dengan loomi, yaitu saus yang terbuat dari perasan jeruk limau dan minyak zaitun.  Campuran bumbu yang sangat beraroma, tak heran membuat machboos sangat menghidupkan hidangan apa pun.

4. Shawarma yang memiliki rasa eksotis dan mengguggah selera

Makanan Populer Khas Dubai Terkenal Paling Lezat

Selain dikenal dengan hotel mewah dan gedung nan megah, Dubai juga terkenal dengan ragam makanan khasnya yang menggugah selera.

Salah satunya ada shawarma yang sudah semakin populer, khususnya di Timur Tengah. Shawarma sendiri merupakan makanan khas Dubai yang terbuat dari irisan daging kambing, sapi ayam atau kalkun yang diasap dan disajikan bersama sayuran, acar serta mayonnaise.

Lalu semua bahan-bahan itu digulung bersama roti pita seperti kebab, saat disantap rasanya sanagt eksotis dan menggugah selera.

5. Tabbouleh yang segar dan memanjakan lidah

Makanan Populer Khas Dubai Terkenal Paling Lezat

Makanan khas Dubai lain yang terkenal lezat selanjutnya ada tabbouleh. Salad Tabbouleh atau tabouli adalah hidangan pembuka yang sehat terbuat dari bulgur, peterseli, mint dan sayuran cincang.

Salad khas Dubai tersebut benar-benar segar dan memanjakan lidah, ini karena tabbouleh dibumbui dengan perasan jeruk, olive oil dan garam.

Makanan yang pernah masuk ke dalam salah satu menu yang ada di Golden Globe 2014, tabbouleh bisa kamu cicipi di Shami Gourmet di Dubai Marina atau Al Mansour Dhow di Deira.

6. Unta Isi makanan asli suku Badui Timur Tengah

Makanan Populer Khas Dubai Terkenal Paling Lezat

Kalau kamu penasaran dengan makanan khas Dubai yang paling anti mainstream, wajib tahu dengan kuliner unta isi.

Unta isi masuk dalam Guinness Book of World Records sebagai makanan terbesar yang ada di dunia. Kok bisa? Ya gimana enggak, kamu bakal menikmati seekor daging unta utuh yang diisi dengan daging domba, ayam, telur serta ikan yang telah dipanggang.

Proses memasak makanan asli suku Badui Timur Tengah ini membutuhkan waktu yang lama atau 24 jam penuh. Tak heran kalau kamu bisa menikmati unta isi saat perayaan atau pesta bangsawan Arab.

Wah, dijamin perutmu bakal kenyang saat menikmati kuliner unta isi di Dubai.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *