7 Bahan Alami Ini Ampuh untuk Mengatasi Sakit Gigi

  • 2 min read
  • Aug 02, 2020
Table Of Content [ Close ]

    Sakit gigi membuat kita sangat tersiksa, ya, Ladies. Makan tidak nikmat, tidur tidak nyenyak, dan emosi mudah tersulut. Walaupun berukuran kecil, gigi yang bermasalah akan sangat mengganggu. Sakit gigi bisa diakibatkan oleh banyak faktor, seperti gigi berlubang, gigi terlalu sensitif, atau gusi bermasalah.

    Untuk mencegah gangguan dan sakit gigi, kita wajib menjaga dan merawatnya. Jika Ladies takut berkunjung ke dokter gigi, bahan-bahan alami berikut ini bisa digunakan untuk perawatan gigi.

    1. Garam

    Garam mengandung sodium tinggi yang ampuh membasmi bakteri penyebab gigi menjadi berlubang. Buatlah larutan air hangat dan garam, lalu gunakan untuk berkumur setelah selesai menyikat gigi. Lakukan hal ini secara rutin agar Ladies terhindar dari keluhan gigi berlubang.

    2. Bawang Putih

    Bumbu yang satu ini selain berguna untuk membuat masakan menjadi lezat, juga bermanfaat sebagai antiseptik alami. Bila merasakan sakit gigi, Ladies bisa menggunakan bawang putih sebagai alternatif pereda rasa sakit. Tumbuk satu siung bawang putih sampai halus, lalu tempelkan pada gigi yang sakit. Bahan antiseptik dan kandungan allicin-nya mampu meredakan rasa nyeri.

    3. Asam Jawa

    Asam jawa merupakan salah satu bahan alami yang bersifat antiseptik. Bahan masakan yang memiliki rasa asam ini, bisa juga dipakai sebagai pereda rasa sakit. Ambil asam jawa secukupnya, kemudian sangrai dan tempelkan pada gigi yang terasa sakit. Lakukan secara rutin hingga rasa sakitnya mereda.

    4. Daun Sirih

    Sejak zaman dahulu, daun sirih sudah diakui manfaatnya. Daun ini digunakan untuk menguatkan gigi, menghilangkan bau mulut, menghentikan pendarahan pada gusi, dan sebagai antiseptik alami. Saat gigi terasa sakit, gunakan daun sirih untuk meredakannya. Ladies bisa mengunyahnya langsung setelah dicuci atau menggunakan air rebusannya untuk berkumur.

    5. Lemon

    Buah lemon kaya akan antibakteri dan vitamin C. Peraslah satu buah lemon, lalu campur dengan segelas air hangat. Gunakan air campuran itu untuk berkumur sebanyak tiga kali sehari. Lakukan secara rutin sampai bakteri penyebab sakit gigi benar-benar hilang, ya, Ladies.

    6. Daun Jambu Biji

    Selain mampu mengobati diare, daun jambu biji juga ampuh mengatasi sakit gigi. Daun yang terasa sepat ini mengandung antibakteri, antiimflamasi, antimikroba, dan analgesik. Untuk meredakan sakit gigi, kunyah daun jambu biji yang sudah dicuci atau berkumur dengan air yang dicampur tumbukannya.

    7. Minyak Cengkih

    Kandungan euganol pada cengkih berfungsi sebagai antiseptik sehingga bisa meredakan nyeri karena sakit gigi. Ladies bisa berkumur menggunakan campuran air hangat dan minyak cengkih atau meletakkan kapas yang telah ditetesi minyak cengkih pada gigi yang terasa sakit.

    Bahan alami memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk gigi. Bahan alami lebih aman karena tidak ada kandungan yang membahayakan tubuh. Namun, langkah tepat untuk menjaga kesehatan gigi dan mengobati rasa sakitnya adalah dengan berkunjung ke klinik gigi. Dokter akan melakukan penanganan yang tepat dan sesuai prosedur kesehatan. Semoga gigi Ladies selalu terhindar dari aneka keluhan, ya.

     

    Dikutip dari :
    https://joeragan-artikel.com/7-bahan-alami-ini-ampuh-untuk-mengatasi-sakit-gigi/

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *