7 Hal Ini Dapat Menghindarkan Anak dari Penculikan

  • 2 min read
  • Aug 02, 2020
Table Of Content [ Close ]

    Halo Smart Ladies!

    Akhir-akhir ini berita tentang penculikan anak muncul lagi ke permukaan. Tentu saja ini membuat kita was-was dan tidak tenang. Sebagai orang tua kita tidak bisa 100 persen mengawasi anak, karena anak perlu diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi diri tanpa bantuan orang tua untuk kemandiriannya. 

    Pada hakikatnya kita tidak bisa mencegah penculikan. Namun, banyak hal yang bisa diupayakan agar anak terhindar dari penculikan. Tentu saja tidak hanya melibatkan orang tua, tetapi juga anak dan lingkungan. Berikut beberapa hal penting yang dapat dilakukan untuk menghindarkan anak dari penculikan.

    1. Memberitahu Anak Tentang Maraknya Penculikan 

    Sebagaimana yang kita ketahui, anak tidak berpikir seperti orang dewasa. Mereka memiliki kesederhanaan dalam berpikir. Hal inilah yang menyebabkan anak cenderung tak acuh akan bahaya penculik yang mengintai. Oleh sebab itu, anak perlu diberi tahu mengenai berita-berita adanya penculikan agar lebih berhati-hati saat bermain.

    2. Mengingatkan Anak Untuk Mewaspadai Orang Asing.

    Anak kecil mana yang tidak tergoda dengan iming-iming sesuatu yang menyenangkan? Ini merupakan taktik yang kerap digunakan penculik untuk menjerat korbannya. Mendidik anak agar ramah kepada setiap orang adalah sesuatu yang baik, tetapi ingatkan anak bahwa bersikap ramah hanya berlaku untuk orang yang dikenal baik, bukan kepada orang asing. Ingatkan pula agar mereka tidak menerima pemberian apapun dari orang asing tanpa sepengetahuan orang tua.

    3. Ajari Anak Trik Membela Diri

    Pada dasarnya, anak akan merasa tidak nyaman jika ada seseorang yang mengganggu apalagi melakukan tindak kekerasan kepadanya. Namun, respon anak berbeda-beda. Jadi, sebaiknya Ladies mengajarkan trik membela diri saat anak mendapat perlakuan yang tidak baik dari  orang asing, seperti berteriak minta tolong, menggigit, memukul, atau menendang. Sebaiknya, Ladies juga membekali anak dengan kemampuan olah raga bela diri untuk keselamatannya.

    4. Ingatkan Anak Untuk Menggunakan Pakaian Tertutup

    Perlu Ladies ketahui bahwa saat ini, ada penculikan bermotif pemenuhan kebutuhan seksual. Ladies tentu sering mendengar berita tentang penculikan yang dilakukan predator anak. Sangat mengerikan, bukan? Nah, jangan sampai niat mereka untuk berbuat jahat timbul karena melihat anak kita tidak berpakaian dengan pantas.

    5. Ingatkan Anak untuk Berpamitan

    Ladies, kesibukan dalam mengerjakan tugas rumah tangga kadang kala membuat kita abai mengenai keberadaan anak. Begitu pula dengan anak. Mengetahui orang tuanya sedang sibuk, sering kali pergi bermain tanpa pamit. Bila kondisi ini terjadi, ingatkan anak tentang pentingnya berpamitan setiap kali hendak pergi. Ladies juga perlu menanyakan tempat ia akan bermain dan mengetahui seluk beluk tentang tempat tersebut. Bila anak tidak dibekali alat komunikasi, pastikan Ladies memiliki nomor kontak orang yang bisa dihubungi.

    6. Cek Anak secara Berkala

    Sekilas, bermain ke rumah tetangga tampaknya cukup aman. Setidaknya, ada tetangga yang ikut mengawasi anak kita. Namun, jangan lengah, ya. Ladies juga harus tetap mengecek keberadaan anak secara berkala, karena pelaku penculikan terkenal lihai memanfaatkan kelengahan orang tua dalam mengawasi anaknya.

    7. Ingatkan Anak untuk Membaca Doa

    Berdoa merupakan penyempurna segala usaha, juga bentuk tawakal kita kepada Allah. Ingatkan anak untuk berdoa di setiap kesempatan, memohon perlindungan dari kejahatan yang tidak diketahui, karena Allah sebaik-baik tempat berlindung. 

    Demikian, Ladies, tujuh hal yang bisa kita lakukan agar terhindar dari tindak penculikan. Semoga anak-anak kita senantiasa dilindungi Allah dari segala mara bahaya. 

     

    Dikutip dari :
    https://joeragan-artikel.com/7-hal-ini-dapat-menghindarkan-anak-dari-penculikan/

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *