7 Langkah Manajemen Waktu Wanita Karier yang Sudah Berkeluarga

  • 2 min read
  • Aug 02, 2020
Table Of Content [ Close ]

    Halo, Smart Ladies!

    Tahukah Ladies bahwa di era modern seperti sekarang ini wanita berkarir bukan menjadi hal yang tabu? Bahkan kebanyakan dari mereka menjadi tulang punggung keluarga. Wanita tangguh yang tetap berkarir, tanpa mengabaikan perannya sebagai istri dan ibu. Intensitas pekerjaan yang tinggi dan beragam tentu menjadi hal yang sangat melelahkan. Namun, semua dijalani tanpa keluh kesah.

    Kemampuan dalam memanajemen waktu dan mengendalikan emosi sangat diperlukan, apalagi jika mempunyai lebih dari satu anak. Apakah Ladies juga merupakan bagian dari mereka?

    Jika ya, tujuh langkah berikut bisa membantu untuk memanajemen waktu para Ladies, ya!

    1. Buat Skala Prioritas Pekerjaan

    Ladies dapat membuat skala prioritas pekerjaan untuk mengatur waktu dalam sehari, mana pekerjaan yang mendesak dan yang bisa ditunda. Tidak ada salahnya Ladies juga membuat agenda harian. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, sehingga tidak ada waktu yang terbuang percuma.

    2. Manfaatkan Waktu Luang dengan Baik

    Jika ada waktu luang, manfaatkan sebaik mungkin, ya, Ladies. Misalnya, ada pekerjaan yang ternyata bisa selesai  lebih cepat, sementara masih ada pekerjaan untuk besok belum selesai. Sebaiknya, Ladies jangan menunda pekerjaan sampai besok baru dikerjakan. Jika kita bisa kerjakan sekarang, kenapa harus menunda sampai besok. Jadi, jangan menunda-nunda pekerjaan, ya, Ladies.

    3. Istirahat yang Cukup

    Ladies, manfaatkan waktu sebaik mungkin dengan membiasakan diri istirahat pada waktunya. Ketika pekerjaan selesai dan anak-anak sudah tidur, sebaiknya gunakan waktu untuk istirahat atau tidur. Jangan melakukan hal-hal yang kurang penting, seperti main gawai, buka toko online, padahal  tidak ada anggaran atau sekadar mengobrol membahas gosip terhangat.

    4. Tubuh Cukup Nutrisi dan Suplemen

    Dengan aktivitas yang banyak dan padat, tentunya akan menguras tenaga dan pikiran, ya, Ladies. Oleh karena itu, Ladies  jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dengan kalori yang cukup, serat, protein dari sayuran maupun buah agar tetap semangat dan tidak loyo. Nah, kalau perlu, tubuh disuplai dengan vitamin dan suplemen juga ya, seperti madu, habbatussauda, kurma, dan lain sebagainya. Selain itu, minum air putih jangan sampai kurang dari  dua liter agar Ladies tidak dehidrasi.

    5. Libatkan Anggota Keluarga untuk Berbagi Tugas

    Ada beberapa pekerjaan rumah tangga, bisa dibagi dengan pasangan dan anak. Dengan demikian, pembiasaan ini akan melatih kepekaan anggota keluarga untuk membantu meringankan pekerjaan, seperti mencuci piring setelah makan, melatih kemandirian, dan disiplin anak untuk membereskan mainannya. Hal ini akan membuat waktu Ladies tidak terbuang sia-sia.

    6. Konsultasikan Kondisi Keluarga dengan Atasan Tempat Bekerja

    Tidak ada salahnya, jika Ladies menginformasikan kondisi keluarga kepada atasan dengan harapan atasan memahami betapa berharganya waktu. Dengan demikian, kita mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan sesuai tugas untuk menghindari pekerjaan hingga larut malam.

    7. Mencari Asisten Rumah Tangga

    Jika Ladies merasa tidak mungkin untuk mengerjakan  sendiri pekerjaan rumah sekaligus menjaga anak, salah satu solusinya adalah dengan mendatangkan asisten rumah tangga yang dapat kita percaya.

    Nah, Ladies, menjadi wanita karier itu memang pilihan, sedangkan menjalankan peran sebagai ibu adalah kewajiban. Namun, bukan hal yang mustahil Ladies dapat menjalankan kedua peran tersebut. Tentunya dengan berkomitmen bersama pasangan dan manajemen waktu yang baik akan membantu Ladies menjalankan kedua peran tersebut. Semoga tujuh langkah di atas dapat membantu dan menginspirasi Ladies dalam menjalankan aktivitas, ya.

    Dikutip dari :
    https://joeragan-artikel.com/7-langkah-manajemen-waktu-wanita-karier-yang-sudah-berkeluarga/

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *