Keep Spirit

7 Manfaat Olahraga Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh

Spirit – Berbicara mengenai olahraga, ada banyak jenis olahraga yang bisa dicoba. Apalagi di era milenial dengan pilihan yang beragam. Bersepeda adalah...

Written by Keep Spirit · 1 min read >

Spirit – Berbicara mengenai olahraga, ada banyak jenis olahraga yang bisa dicoba. Apalagi di era milenial dengan pilihan yang beragam. Bersepeda adalah olahraga yang sehat, berdampak rendah yang dapat dinikmati semua usia, dari anak kecil hingga orang dewasa yang lebih tua. bermain sepeda juga menyenangkan, murah dan bagus untuk lingkungan karena tidak mencemari lingkungan.

Manfaat Olahraga Bersepeda untuk Kesehatan

Salah satu olahraga yang paling mudah adalah bermain sepeda, yang merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko masalah kesehatan Anda terkait dengan gaya hidup yang tidak aktif. Ini adalah latihan yang sehat dan dapat dinikmati oleh orang-orang dari segala usia.

Bersepeda dapat membantu Anda melindungi diri dari penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, penyakit mental, diabetes, dan radang sendi. Bersepeda juga digunakan sebagai moda transportasi di banyak negara.

1) Menyehatkan tulang

Manfaat bersepeda dapat mencegah Anda mengalami patah tulang akibat jatuh. Meskipun bersepeda tidak secara khusus membantu mengatasi osteoporosis, namun, bersbermain sepedaepeda merupakan bentuk latihan yang ideal bagi penderita osteoporosis.

Karena bermain sepeda adalah latihan ringan yang hanya akan memberikan tekanan sedikit kepada sendi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setelah pasien lansia mulai bersepeda, nyeri lutut dan osteoartritis semakin membaik.

2) Menyehatkan paru-paru

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa orang yang bermain sepeda benar-benar terhindar atau lebih sedikit terkena asap berbahaya daripada mereka yang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan bermesin seperti mobil dan sepeda motor.

Sebuah penelitian oleh Kampanye Air Sehat, Kings College London dan Camden Council, melihat detektor polusi udara dipasang untuk pengemudi, pengguna bus, pejalan kaki dan pengendara sepeda menggunakan rute sibuk melalui pusat kota London.

Hasilnya menunjukkan bahwa pengemudi mengalami tingkat polusi lima kali lebih tinggi daripada pengendara sepeda, serta tiga setengah lebih dari pejalan kaki dan dua setengah kali lebih banyak dari pengguna bus. Jadi, manfaat sepeda sangat baik untuk menghindari bahaya polusi.

3) Bersepeda, Meredakan Stress

Pernah merasa suntuk dengan pekerjaan sehari-hari Anda? Mungkin Anda butuh refreshingnih. Tidak perlu berpikir jauh hingga berlibur ke luar kota atau luar negeri. Refreshing bisa dimulai dari rumah Anda sendiri, lho.

Misalnya seperti dengan bersantai di kursi taman sambil menikmati suasana outdoor, atau bermain sepeda di pagi hari sambil menikmati pemandangan. Karena ternyata, saat bermain sepeda tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang bisa memunculkan rasa nyaman juga meningkatkan suasana hati yang positif. Nah, dengan bermain sepeda, tubuh semakin sehat, pikiran pun semakin tenang, ya.

4) Bersepeda, Mencegah Kanker

Mengurangi risiko penyakit kanker bisa dimulai dari sekarang. Kuncinya, milikilah gaya hidup yang sehat seperti dengan makan makanan yang sehat serta berolahraga secara rutin dan teratur.

Salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan adalah seperti bermain sepeda, Karena, memiliki tubuh yang bugar bahkan saat di usia tua sekalipun bisa berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru-paru dan kanker kolekteral.

source : domigado.com

Written by Keep Spirit
Keep Spirit! Saya hanyalah seorang Penulis Biasa yang Merangkai dan mengembangkan kata demi kata, Merangkum dari Beberapa sumber, dan saat ini saya Sebagai Penulis di Spirit.Web.ID Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *