8 Tips agar Anak Selalu Sayang dan Hormat kepada Orang Tua

  • 2 min read
  • Aug 02, 2020
Table Of Content [ Close ]

    Halo, Smart Ladies!

    Tidak dimungkiri pada  kenyataannya, sekarang ini, banyak orang tua yang telah berusia senja merasa diacuhkan dan dihargai lagi oleh anak-anaknya yang telah sukses. Mereka jarang mengunjungi dan menelepon bahkan  tidak segan-segannya menitipkan orang tua ke panti jompo. Bukannya materi yang kita harapkan, tetapi bentuk kasih sayang karena bagaimanapun perhatian walau sedikit tetap merupakan motivasi bagi kita dalam menjalani kehidupan di hari tua.

    Harapan itu tergantung dari apa yang selama ini kita berikan kepada mereka dalam mendidik. Bagaimana cara  agar anak selalu sayang dan hormat pada orang tua walaupun mereka telah mempunyai kehidupan?

    Nah, berikut tips mendidik bagi orang tua yang punya anak masih kecil agar kelak mereka tetap sayang dan hormat  sehingga tidak ada penyesalan di kemudian hari. Yuk, kita simak!

    1. Nama yang Baik

    Berilah anak dengan nama-nama yang baik karena nama tersebut adalah doa orang tua untuk anaknya. Jangan asal memberi nama anak, hanya karena mengikuti zaman sekarang atau sekadar kerennya saja.

    1. Alasan Agama

    Ikuti petunjuk agama, apa saja yang harus dilakukan pada anaknya seperti dalam Islam melaksanakan akikah, disunat, dan lainnya.

    1. Mengikuti Petunjuk Medis

    Ikuti petunjuk dari tenaga kesehatan dalam memperhatikan tumbuh kembang anak,  mulai dari kandungan sampai lahir, balita, dan anak-anak. Contohnya gizi dan makan yang diperlukan sesuai usia serta perkembangan kecerdasannya.

    1. Orang tua Mendidik Langsung

    Sebisa mungkin orang tua langsung mendidik anak seperti dalam hal salat, mengaji, membaca, menulis,  berhitung,  dan mengantar sekolah. Hal tersebut  dapat membangun ketergantungan emosional antara anak dan orang tua sehingga anak merasa mendapat perhatian dan kepedulian yang besar dari orang tuanya serta menjadi kesan tersediri bagi anak.

    1. Mendampingi Langsung

    Dampingi mereka dengan penuh kasih sayang. Orang tua dapat menunjukkan dengan cara bicara yang lemah lembut  atau tidak kasar sehingga si anak merasakan kenyaman dari orang tuanya. Hal ini juga akan menjadi kesan yang tak terlupakan bagi anak.

    1. Mendampingi dengan Sabar

    Dampingi mereka dengan sabar. Sesibuk apa pun orang tua harus sabar, baik dalam menjawab pertanyaan -pertanyaan anak, memberi makan, perilaku, juga belajar. Dengan demikian, si anak merasa orang tua selalu ada untuknya.

    1. Orang Tua sebagai Teladan

    Orang tua sebagai teladan dan panutan sehingga menjadi idola bagi anak. Dengan demikian tidak akan ada pertanyaan dan rasa penasaran dalam dirinya kenapa saya disuruh begini dan begitu, sementara orang tua  sendiri tidak melakukannya.

    1. Menjadi Teman

    Orang tua sebagai teman, tempat curhat yang nyaman bagi anak.  Mereka merasa betah untuk tetap selalu di samping orang tuanya. Dengan demikian, tidak memerlukan teman curhat di luar yang kemungkinan besar bisa terperangkap dengan hal-hal yang tidak diinginkan seperti narkoba, pergaulan bebas, dan lainnya.

    Dengan mengikuti tips di atas, apa yang orang tua berikan pada anak saat masih kecil, kelak akan diperlakukan pula oleh si anak. Seperti pepatah, “apa yang ditanam maka itulah yang akan diterima hasilnya”.

    Nah, itulah Ladies tips agar tetap disayang dan dihormati oleh anak kelak, walaupun mereka sudah mempunyai kehidupan masing-masing.

    Semoga bermanfaat.

    Dikutip dari :
    https://joeragan-artikel.com/8-tips-agar-anak-selalu-sayang-dan-hormat-kepada-orang-tua/

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *