Keep Spirit

8 Tips Sulap Kamar Tidur Mungil Jadi ‘Markas’ yang Nyaman

Tips menata kamar tidur mungil agar tetap nyaman (foto: homebnc) SPIRIT – Menata kamar tidur mungil memang gampang-gampang susah. Kamar tidur mungil...

Written by Keep Spirit · 3 min read >
Tips menata kamar tidur mungil agar tetap nyaman (foto: homebnc)
Tips menata kamar tidur mungil agar tetap nyaman (foto: homebnc)

SPIRIT – Menata kamar tidur mungil memang gampang-gampang susah. Kamar tidur mungil tetap bisa menjadi tempat yang nyaman jika kita tau trik menata-nya. Untuk kamu yang memiliki kamar tidur berukuran mungil tidak usah berkecil hati. Spirit akan membagikan tips menata kamar tidur mungil agar tetap nyaman untuk istirahat dan terhindar dari barang-barang yang berserakan.

Berdasarkan beberapa penelitian, kondisi kamar tidur sangat berpengaruh terhadap psikologis penghuninya. Kamar yang berantakan akan berpengaruh pada kesehatan mental. Kamar tidur mungil sebenarnya justru akan membuat proses menatanya jauh lebih mudah. Ada beberapa trik khusu yang dibutuhkan dalam penataannya.

Nah, trik apa saja yang bisa dilakukan untuk menata kamar tidur mungil agar tampil rapi dan nyaman? Dilansir dari laman Dekorumacom, berikut Spirit rangkum beberapa tips untuk menata kamar tidur mungil agar terlihat rapi dan nyaman.

1. Pilih konsep kamar tidur mungil yang minimalis

Tips menata kamar tidur mungil agar tetap nyaman (Foto: house beautifull)
(Foto: house beautifull)

Menerapkan konsep minimalis bukan berarti menata kamar tidur dengan gaya desain minimalis, melainkan hanya menempatkan furnitur-furnitur esensial untuk kamar tidur saja. Coba pilah furnitur apa saja yang benar-benar kamu butuhkan saat menata kamar tidur, misalnya lemari pakaian, perlengkapan tidur, dan meja kerja.

Jika ada furnitur yang nggak terlalu dibutuhkan, jangan ragu untuk memindahkannya ke ruangan lain. Dengan begitu akan tersisa ruang lebih di kamar tidur kamu dan membuatnya terlihat lebih rapi. Selain itu pilih furnitur untuk kamar tidur yang mungil tidak memakan banyak tempat. Dengan furnitur yang tidak terlalu besar, ini membuat cara menata kamar tidur akan menjadi lebih mudah.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan

Tips menata kamar tidur mungil agar tetap nyaman (Foto: appie.org)
(Foto: appie.org)

Selain tempat tidur, kasur, dan lemari pakaian, sebagian di antara kamu mungkin merasa kamar tidur nggak berfungsi maksimal kalau tidak ada meja belajar atau rak penyimpanan praktis, mungkin sebagian lain dari kamu merasa kedua furnitur tersebut kurang esensial. Intinya, sesuaikanlah pilihan furnitur dengan kebutuhanmu sebagai pemilik kamar.

Jika ingin menempatkan furnitur tambahan saat menata kamar tidur milikmu, gunakanlah furnitur yang memiliki fungsi storage sehingga bisa menambah ruang penyimpanan di kamar tidur. Selain itu gunakan ukuran Kasur yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu menggunakan kamar tidur sendirian, pilihlah Kasur dengan ukuran single.

3. Maksimalkan fungsi bagian bawah tempat tidur

Tips menata kamar tidur mungil agar tetap nyaman (Foto: the budget decorator)
(Foto: the budget decorator)

Bagian lantai kamar mungilmu juga bisa menjadi ruang yang dimanfaatkan sebagai penyimpanan tambahan. Mencoba trik menata kamar tidur yang satu ini bukan berarti kamu harus membeli kasur yang memiliki tempat penyimpanan di bagian bawahnya. Tempat tidur yang juga berfungsi sebagai storage bisa didapatkan dengan menempatkan rak buku terbuka di bagian bawah tempat tidur.

Kamu juga bisa membangun laci sendiri atau menggunakan keranjang anyaman yang indah agar tampilan kamar tidur tetap menarik. Tiga kompartemen sudah cukup untuk menyimpan pakaian atau barang-barang lainnya. Jangan sia-siakan setiap inci kamar. Kalau di bawah kasur tidak ada ruang untuk menyimpan barang, manfaatkan langit-langit kamar tidur dengan rak gantung.

4. Batasi palet warna di kamar tidur mungil kamu

(Foto: Pinterest)

Memilih warna cat untuk kamar mungil kamu juga penting. Warna-warna terang diketahui dapat membuat sebuah ruangan tampak lebih luas, apalagi jika ada cahaya matahari yang masuk. Karena itulah, memilih warna-warna netral atau pastel merupakan salah satu cara menata kamar tidur mungil yang ideal. Bukan hanya memilih warna-warna terang, kamu pun perlu membatasi jumlah palet warna.

Gunakan corak yang serupa untuk dinding, furnitur dan tempat tidur. Cara menata kamar tidur seperti ini ditujukan untuk menciptakan kesan lapang karena matamu tidak akan terpaku pada sudut-sudut ruangan yang sempit. Agar kamar tidur tidak membosankan, kamu bisa juga menambahkan beberapa dekor ruangan dengan warna yang kontras.

5. Gunakan cermin untuk kesan lebih luas

(Foto: ArchitectureIn)
(Foto: ArchitectureIn)

Menggunakan cermin untuk membuat ruangan tampak dua kali lebih besar adalah trik yang sudah digunakan selama berabad-abad. Pada dasarnya, cermin memantulkan cahaya dan menciptakan ilusi optikal pada ruangan. Bahkan hingga sekarang, ini adalah salah satu cara menata kamar tidur mungil yang paling sering digunakan.

Ada beberapa cara menata kamar tidur kreatif dengan cermin. Misalnya, menggantung satu atau beberapa cermin pada dinding polos, memilih lemari pakaian yang sudah memiliki cermin, atau menggunakan cermin full-body. Untuk menambah estetika ruangan, sesuaikan cermin dengan desain keseluruhan kamar tidurmu.

6. Perhatikan pemasangan dan pemilihan warna tirai kamar tidur mungil kamu

(Foto: shutter stock)
(Foto: shutter stock)

Cara menata kamar tidur lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat ilusi langit-langit ruangan yang lebih tinggi. Gantung tirai lebih tinggi dari biasanya dan usahakan gantungan tersebut lebih dekat ke langit-langit kamar tidur dibanding ke bingkai jendela. Gantungan tirai yang jauh lebih lebar dari jendela juga merupakan cara menata kamar tidur agar terlihat lebih besar, lho.

Warna dan material tirai juga perlu kamu perhatikan. Pilih tirai dengan warna terang dan bahan yang tipis. Cara menata kamar tidur yang seperti ini tidak hanya akan membuat ruangan terasa lebih lapang, tetapi juga lebih homey.

7. Pegboard untuk variasi solusi penyimpanan di kamar tidur mungil kamu

(Foto: homedit)
(Foto: homedit)

Memaksimalkan bagian dinding bisa dilakukan dengan instalasi pegboard. Papan kayu yang multifungsi ini dapat dimanfaatkan sebagai rak buku, gantungan baju, dan mood board. Pegboard biasanya dibuat dari multipleks (plywood) sehingga memiliki ketahanan yang tinggi. Karena fungsi penyimpanannya yang begitu efisien, menata kamar tidur pun jadi lebih efektif dengan papan kayu atraktif ini.

8. Rajin-rajin membersihkan kamar

Kamu sudah melakukan trik-trik menata kamar tidur di atas dengan baik, furnitur pun sudah tertata dengan cantik, dan barang-barang telah tersimpan rapi pada tempatnya. Seberapa pun cermat dan apik caramu dalam menata kamar tidur, kamar akan segera kembali berantakkan apabila kamu tidak rajin membersihkannya. Cukup sediakan lima belas menit untuk bersih-bersih setiap harinya, kamarmu pun akan selalu tampil rapi dan bersih.

Written by Keep Spirit
Keep Spirit! Saya hanyalah seorang Penulis Biasa yang Merangkai dan mengembangkan kata demi kata, Merangkum dari Beberapa sumber, dan saat ini saya Sebagai Penulis di Spirit.Web.ID Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *