Langkah Tepat untuk Budidaya Pepaya California

Langkah Tepat untuk Budidaya Pepaya California – Budidaya pepaya California bisa menjadi alternatif tepat dalam membangun sebuah usaha yang menghasilkan keuntungan besar. Permintaan pasar akan buah ini sangat besar. Sebab, selain rasa dan teksturnya yang lebih baik dari jenis pepaya lain, buah ini juga mengandung khasiat yang sangat penting untuk kesehatan.

Jika dilihat sekilas, pepaya California nyaris tak ada bedanya dengan jenis pepaya lainnya. Namun, Anda akan menemukan banyak perbedaan dan keunggulan dari buah pepaya ini dibandingkan pepaya lainnya jika diteliti lebih dalam. Mulai dari rasa, warna, dan dagingnya yang lebih tebal.

Tak heran jika banyak petani yang mulai mencoba mengembangkan budidaya pepaya California ini. Jika Anda masih bingung bagaimana langkah yang tepat untuk membudidayakan pepaya California, berikut Sudut Kebun ulas langkah-langkahnya.

READ  Cara Make Up Mata Sipit Agar Terlihat Besar

Syarat Tumbuh

Pepaya California bisa tumbuh dengan baik di ketinggian 700 hingga 1.000 mdpl, dengan curah hujan antara 1.000 hingga 2.000 mm per tahun. Selain itu, tanaman ini juga bisa tumbuh subur jika kelembaban udara mencapai 40% pada suhu 22 hingga 26°C.

Tanah yang subur, gembur, dan dapat menahan air sangat penting dalam keberhasilan pembudidayaan pepaya California. Pastikan Ph tanah untuk areal perkebunan pepaya California mencapai Ph 6 hingga 7. Penyerbukan bunga pepaya juga akan terjadi dengan baik jika angin tidak terlalu kencang.

Pembibitan

Langkah selanjutnya dalam budidaya pepaya California adalah dengan membuat media semai pada polybag. Sebelumnya, lubangilah bagian tengah polybag sedalam 1 cm. Setelah itu masukkan biji ke dalam polybag dan tutup dengan lapisan tanah yang tipis. Lakukan penyiraman setiap hari, bibit akan tumbuh dalam 12 hingga 15 hari. Setelah 40 hingga 60 hari, bibit akan tumbuh setinggi 15 hingga 20 cm dan siap dikeluarkan dari polybag dan ditanam pada lahan.

Penanaman

Sebelum melakukan penanaman bibit di lahan, lima belas hari sebelumnya buatlah lubang untuk menanam dengan jarak 2,5 x 2,5 m. Beri pupuk kandang atau pupuk kompos pada lubang tanam dan masukkan bibit ke dalamnya. Tanamlah bibit pada sore hari, satu lubang untuk satu bibit.

READ  Gejala dan Cara Mengatasi Iritasi Pada Wajah

Pemeliharaan Tanaman

Pada tahap ini ada tiga hal yang harus dilakukan, yaitu menyiangi, menyiram, dan membumbun tanaman. Menyiangi tanaman pepaya California lebih baik dilakukan dengan cara manual, yaitu dengan mencabut atau membabat rumput. Sebisa mungkin hindari penggunaan herbisida. Sebab, hal tersebut dapat merusak akar tanaman pepaya California dan mengganggu pertumbuhannya.

Ketika musim kemarau atau saat tanah mulai kering, lakukanlah penyiraman dengan menggunakan sprinkler atau pun sistem leb (penggenangan). Jika tanaman kekurangan air, budidaya pepaya California tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Hal berikutnya dalam pemeliharaan tanaman pepaya California adalah melakukan pembumbunan untuk menutup akar yang keluar dari dalam tanah sekaligus untuk merangsang pertumbuhan akar yang baru. Selain itu, pembumbunan juga dapat berfungsi untuk memperkuat batang tanaman sehingga tanaman tidak mudah roboh.

READ  Jenis Burung Murai Batu yang Punya Suara Merdu

Pemupukan

Langkah berikutnya adalah dengan memberikan pupuk NPK sebanyak 300 gr per pohon, seminggu setelah penanaman. Tambahkan puluk NPS sebanyak 300 gr per pohon setelah tanaman memasuki usia tiga bulan. Setelah tanaman berusia 6, 9, hingga 12 bulan, beri kembali pupuk NPK sebanyak 500 gr, serta pupuk kandang sebanyak 40 gr.

Pengendalian OPT

Semprotkan pestisida curacron dan akarisida untuk mengendalikan hama yang menyerang tanaman pepaya California.

Panen dan pasca panen

Jika pada bagian ujung buah sudah tampak semburat kuning, tandanya buah pepaya California sudah bisa dipanen. Tempatkan hasil panen pada ruangan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, dan lapisi buah dengan koran atau plastik. Pepaya California bisa dipanen dalam jangka waktu sepuluh hari sekali, dengan cara memotong bagian tangkai.

Demikianlah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dalam mengembangkan budidaya pepaya California. Bisnis buah ini sangat potensial di pasaran mengingat permintaan yang sangat tinggi. Lakukan setiap proses dengan baik untuk mendapatkan hasil buah yang berkualitas.