Keep Spirit

Daftar Kuliner Khas Pontianak yang Tidak Boleh Dilewatkan

Spirit – Sedang jalan-jalan ke Kalimantan Barat, khususnya Pontianak ? kamu tidak boleh sia-siakan kesempatan ini untuk bisa menikmati berbagai kuliner yang...

Written by Keep Spirit · 1 min read >

Spirit – Sedang jalan-jalan ke Kalimantan Barat, khususnya Pontianak ? kamu tidak boleh sia-siakan kesempatan ini untuk bisa menikmati berbagai kuliner yang ada dari tanah katulistiwa ini. Penasaran kan, ada makanan atau kue apa saja yang bisa kamu coba? Berikut Daftar kuliner khas pontianak yang tidak boleh kamu lewatkan ya teman-teman.

Daftar Kuliner Khas Pontianak

Pontianak, suatu kota besar yang berada di Provinsi Kalimantan ini tidak mau kalah saing dalam sektor pariwisatanya. Pontianak sangat terkenal, karena kota ini dilewati langsung oleh garis khatulistiwa.

Sehingga daya tarik wisatawan pun cukup banyak yang datang ke kota ini. Kota ini memiliki perpaduan budaya lokal dengan budaya Tionghoa yang melahirkan banyak keunikan budaya, dan salah satunya ikut mempengaruhi kuliner khas yang dimiliki. Jadi jika kalian berwisata ke Pontianak, wajib mencicipi kuliner khas Pontianak yang dijamin enak.

1. Chai Kwe

sc : suara

Berbicara mengenai kuliner tradisional khas dari Pontianak, erat kaitannya dengan berbagai kuliner khas Pontianak yang merupakan hasil akulturasi dengan budaya Tionghoa, salah satunya adalah Chai Kwe. Chai kwe sendiri merupakan makanan ringan khas Pontianak yang terbuat dari tumisan sayur seperti keladi, kucai, bengkoang, hingga rebung yang dibungkus menggunakan kulit yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung tapioka. Meskipun makanan khas Pontianak ini lebih sering disajikan dengan cara dikukus, banyak juga yang kerap menyajikannya dengan cara digoreng.

2. Kuliner Khas Pontianak Tau Suan

sc : indonesiatraveler

Kuliner hasil akulturasi budaya Tionghoa di Pontianak lainnya adalah Tau Swan. Makanan khas Pontianak yang kerap dijajakan pada malam hari ini terbuat dari air gula yang dicampurkan kacang kedelai dan potongan kue manis. Cita rasa dari kuliner khas Pontianak ini sangat manis, sehingga sangat dianjurkan untuk yang tengah menjaga kadar gula darah untuk menghindari makanan tradisional Pontianak ini.

Lek Tau Suan terbuat dari kacang hijau yang kulitnya sudah dikupas, dan dimasak dengan kuah kental bening. Kuah kental bening tersebut terbuat dari tepung tapioka. Lalu, dicampurkan dengan gula dan pandan agar aromanya sempurna. Lek Tau Suan biasanya akan dihidangkan bersama dengan Ca Kwee yang garing. Jika anda menyantapnya, anda akan mencium aroma yang khas, yakni harum pandan dan juga aroma kacang hijau.

Written by Keep Spirit
Keep Spirit! Saya hanyalah seorang Penulis Biasa yang Merangkai dan mengembangkan kata demi kata, Merangkum dari Beberapa sumber, dan saat ini saya Sebagai Penulis di Spirit.Web.ID Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *