Daftar Kuliner Manado Halal, Rugi Kalau Belum Coba

  • Share

Spirit – Siapa sangka kalau kuliner Manado ternyata juga mampu memikat segala kalangan. Banyak kuliner Manado yang rugi kalau belum dicoba, terlebih yang halal. Manado kini berbenah dan semakin menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Ambisi Pemerintah Sulawesi Utara untuk mendatangkan turis Tiongkok hingga 1 juta orang mampu membuat pariwisata di Manado dan sekitarnya bergeliat.

Kuliner Manado yang Lezat dan Halal

Makanan enak dan wisata kuliner memang tidak boleh dilewatkan saat datang ke tempat tertentu, misalnya berkunjung ke kota atau area tertentu. Begitupun saat datang ke Manado, kira-kira kuliner Manado apa saja yang bisa kamu coba? simak informasi lengkap dari Spirit berikut ini.

1) Dabu-dabu 

kuliner manado
sc : fimela

Penyebutan Dabu-dabu ini rupanya banyak yang salah kaprah. Banyak yang menyebut Dabu-dabu adalah sambal khas Manado yang isinya Tomat dan Rawit. Namun, ternyata Dabu-dabu di Manado artinya sambal. Jadi, sambal apapun disebutnya adalah Dabu-dabu. Dabu-dabu yang isinya Tomat dan Rawit itu namanya Dabu-dabu Lilang.

2) Es Brenebon, Kuliner Manado

sc : topwisata

Kalau di Korea Selatan, es serut buah itu disebut dengan bingsoo. Di Manado, es berbahan dasar kacang merah yang sudah diberi gula ini disebut es brenebon. Siapa yang tahu makanan ini?

Rasanya mantap dan menyegarkan. Rasa manisnya yang langsung didapat dari kacang merah membuat es ini jadi lebih sehat. Buat yang kurang suka makan kacang-kacangan, mungkin saja es ini bisa membuatmu seleramu berubah karena saking enaknya sehingga bisa dikatakan es klasik ini favorit banyak masyarakat Cirebon.

3) Gohu

kuliner manado
sc : merahputih

Sebagai orang Bandung, dengar kata “gohu” langsung kepikiran Tahu Goreng Isi. Padahal itu kan “gehu” ya. Di Manado, Gohu artinya asinan pepaya muda, kan jauh ya sama tahu goreng. Sama seperti Tinutuan, Gohu ini juga mudah dicari. Bisa di tempat makan, bisa juga di minimarket macam Indomaret (yang di luar dugaan, rasanya cukup enak!)

Salah satu Gohu yang terkenal kabarnya ada di Es Tji Mei yang ada di daerah Miangas. Maka di hari terakhir saya di Manado, Es Tji Mei ini sudah bertengger di daftar tempat makan yang perlu didatangi. Eh ternyata ada cabangnya persis dekat Warung Kopi Tikala, hanya berjarak 2-3 rumah saja. Sungguh hemat waktu, abis ngopi (dan makan Cucur) di Tikala kemudian ngesot pesan Gohu di Es Tji Mei.

4) Kuliner Manado Sambal Roa

sc : merdeka

Sambal Roa adalah kuliner yang tak boleh lupa dicicipi di Manado. Sambal ini terbuat dari cabe yang dicampur dengan ikan roa (sejenis ikan terbang) yang sebelumnya diasapi hingga kering.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *