Hacker Menghantui! Bagaimana Melindungi Data di Media Sosial

  • 2 min read
  • Aug 02, 2020
Table Of Content [ Close ]

    Media sosial apa yang dimiliki? Punya Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya? Atau punya semuanya? Setidaknya pasti Ladies punya satu media sosial yang sering digunakan. Banyak manfaat yang kita dapatkan dari media sosial, selain sarana untuk berkarya, berhubungan dengan orang-orang seluruh dunia, juga berguna untuk berbisnis daring. Walau media sosial mempunyai sistem yang melindungi data penggunanya. Namun, ada saja seseorang yang mencoba meretas data kita.

    Nah, kita sebaiknya selalu melindungi data di media sosial. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melindungi data di media sosial, dilansir dari baca.co.id yaitu:

    • Jangan Memasang Geolokasi dalam Unggahan

    Kalau sesekali boleh saja, ya, Ladies. Memang cara ini sering diabaikan sebab merasa mem-posting geolokasi membuat kita terlihat keren. Tapi, tindakan tersebut justru merugikan, lo. Semua orang jadi tahu di mana kita tinggal, tempat biasa kita nongkrong, dan semua aktivitas yang dilakukan.

    • Hindari Mengunggah Kartu Identitas atau Sejenisnya

    Kartu identitas sifatnya pribadi. Seperti kartu tanda penduduk, SIM, STNK, dan lainnya. Kalau mem-posting tiket pesawat, ada kode bar. Itu sifatnya pribadi yang diberikan untuk maskapai penerbangan. Nah, bila kita mengunggahnya, justru akan membantu peretas untuk meretas data kita.

    • Tanggal lahir Tidak untuk Publik

    Tanggal lahir sebaiknya tidak diberi tahukan kepada publik, ya, Ladies. Sama pentingnya dengan nama lengkap dan alamat rumah. Jadi berpikirlah sebelum menambahkannya.

    • Mem-posting Tentang Anak Kecil Sebaiknya Tidak Berlebihan

    Sebaiknya mem-posting tentang anak harus dengan persetujuan sang anak, ya, Ladies. Juga tidak berlebihan. Karena sekolah, alamat rumah, kegiatan sehari-hari jadi diketahui semua orang. Hal ini memicu kejahatan terhadap mereka.

    • Jangan Terlalu Menunjukan Pekerjaan

    Ada orang yang menunjukkan fitnah terhadap karyawan lain atau pelanggaran yang dilakukan sehingga dipecat dari pekerjaannya. Jadi, jangan terlalu menunjukkan pekerjaan kita sebab mungkin saja hal itu bisa menimpa kita di kemudian hari.

    • Hal-hal yang Buruk Sebaiknya Dijaga

    Sebaiknya tidak menunjukan sifat buruk di media sosial seperti kebiasaan merokok dan mabuk. Itu akan menurunkan reputasi kita, lo, Ladies. Akan lebih mudah diketahui atasan dan kerabat kita juga. Jika ingin mem-posting tentang teman-teman dekat, sebaiknya tanyakan dulu kepada mereka. Apakah mereka menyukai atau tidak?

    • Hapus Pertemanan dengan Orang yang Tidak Dikenal

    Sebaiknya hapus teman-teman yang tidak berhubungan di dunia nyata. Buat pertemanan yang lebih bermakna seperti teman satu komunitas, alumni sekolah, dan lainnya.

    Itulah cara yang dapat dilakukan untuk melindungi data kita di media sosial. Selamat mencoba!

    Sumber: baca.co.id

    Dikutip dari :
    https://joeragan-artikel.com/hacker-menghantuibagaimana-melindungi-data-di-media-sosial/

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *