Hindari 7 Kebiasaan Ini agar Produktivitas Terjaga

  • 2 min read
  • Aug 02, 2020

Hai, Smart Ladies!

Ladies, produktivitas adalah faktor yang harus dijaga dalam kondisi apa pun. Setelah hampir tiga bulan menerapkan kebijakan bekerja dari rumah, beberapa perusahaan mulai beroperasi lagi di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi ini. Kembali berangkat ke kantor dan bekerja seperti semula, mungkin membutuhkan penyesuaian. Hal ini bisa mengakibatkan produktivitas menurun.

Namun, Ladies tak perlu merasa khawatir. Agar produktivitas tetap terjaga, yuk, hindari beberapa kebiasaan berikut.

1.Tidak Punya atau Terlalu Banyak Target

Tidak memiliki atau justru terlalu banyak target yang ingin dicapai bisa membuat produktivitas terganggu. Buatlah target sesuai kemampuan, jangan terlalu memaksakan diri sendiri, tapi hindari juga menjadi terlalu santai. Target yang tidak masuk akal akan membuat Ladies bekerja di luar batas kemampuan. Namun, bila tidak memasang target, Ladies malah akan bekerja ogah-ogahan sehingga kemampuan dan potensi takkan bisa dimaksimalkan.

2. Menggampangkan Ide yang Terlintas

Ide sering datang kapan saja. Agar bisa maksimal diaplikasikan, catat atau dokumentasikan langsung pada saat itu juga. Tujuannya, agar Ladies tidak lupa. Sebuah ide cemerlang yang tidak terdokumentasikan akan menghambat produktivitas dalam berkarya.

3. Melewatkan Waktu Istirahat

Beristirahat walau hanya sebentar sangat penting pengaruhnya bagi produktivitas. Mata perlu diistirahatkan dari layar laptop tiap tiga puluh menit sekali, badan perlu diregangkan setelah lama duduk di belakang meja, demikian juga pikiran. Walau singkat, ice breaking yang dilakukan juga ampuh untuk me-refresh daya kerja otak, lo.

4. Sering Mengecek Media Sosial

Media sosial bisa membantu mendatangkan ide-ide brilian. Namun, jangan terlalu sering mengecek dan membuka media sosial. Awalnya berpikir hanya sebentar, tapi tanpa terasa waktu berjam-jam bisa dihabiskan hanya untuk scrolling di media sosial. Akibatnya, waktu kita akan banyak terbuang percuma.

5. Menunda-nunda Pekerjaan

Sebisa mungkin, selesaikan pekerjaan tanpa menundanya dengan berbagai alasan. Sebuah pekerjaan yang tidak terselesaikan pada waktunya akan menganggu pekerjaan yang lain. Agar waktu Ladies efektif dan efisien selesaikan pekerjaan secepat mungkin, ya.

6. Mengabaikan Kesehatan

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting, ya, Ladies. Jaga dan jangan abaikan hal yang satu ini. Bila kondisi fisik dan psikis Ladies terganggu, produktivitas pasti terhambat. Bekerjalah sesuai porsinya dan jadwalkan waktu rutin untuk berlibur agar kondisi mental juga terjaga. Berlibur juga memiliki pengaruh positif untuk memunculkan ide baru.

7. Susah Berkata Tidak

Pekerjaan Ladies sering tertunda karena terlalu sering membantu orang lain? Sudah saatnya Ladies belajar untuk mulai berkata ‘tidak’ pada hal-hal di luar kepentingan pekerjaan. Membantu orang lain adalah hal yang baik, tapi jangan sampai merugikan diri sendiri.

Di masa pandemi yang serba sulit ini, menjaga produktivitas penting agar kita bisa berkarya dalam keterbatasan. Yuk, mulai sekarang, hilangkan kebiasaan-kebiasaan yang menghambat produktivitas tersebut. Manfaatkan waktu seefektif mungkin dan maksimalkan potensi diri, Ladies.

Dikutip dari :
https://joeragan-artikel.com/hindari-7-kebiasaan-ini-agar-produktivitas-terjaga/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *