Hindari Stres saat Hamil! Yuk, Lakukan 5 Langkah ini

  • 2 min read
  • Aug 02, 2020
Table Of Content [ Close ]

    Hai, Smart Ladies!

    Kehamilan adalah sebuah fase dalam kehidupan wanita yang seharusnya sangat membahagiakan. Namun, terkadang kenyataan tidak seperti yang dibayangkan. Banyak perubahan terjadi selama masa kehamilan baik fisik maupun psikis. 

    Dalam keadaan tertentu, perubahan ini bisa menimbulkan stres, lo. Gejala stres saat hamil bisa berupa rasa cemas berlebihan, otot-otot tubuh kaku, tegang, dan tubuh terasa kurang nyaman. Berhati-hatilah bila ini terjadi, karena stres yang dialami ibu hamil akan berpengaruh kepada jabang bayi.  

    Disarikan dari buku Kehamilan Minggu Demi Minggu, dr. Jane MC Dougall, berikut langkah-langkah yang bisa Ladies lakukan untuk menghindari stres saat hamil.

    1. Bersantai di Rumah

    Pekerjaan rumah yang tidak habisnya terkadang membuat kita stres. Stres ini akan berlipat di saat hamil. Agar tidak stres, ini saatnya bagi Ladies untuk bersantai dan melupakan sejenak pekerjaan rumah. Ladies bisa menggunakan jasa ART untuk pekerjaan tertentu, seperti mencuci dan memasak.

    Manfaatkan waktu bersantai dengan membaca atau mendengarkan musik. Selagi bersantai, lakukan relaksasi dengan latihan menegangkan dan mengendurkan otot, baik otot kaki, betis, paha, perut, panggul, lengan, maupun wajah. Jangan lupa, gunakan baju longgar saat bersantai.

    2. Melakukan Senam Hamil

    Senam hamil adalah gerakan-gerakan olahraga yang aman dilakukan saat hamil. Kurang lebih ada delapan gerakan senam hamil. Ladies bisa mengikutinya melalui YouTube atau ikut di rumah sakit tempat memeriksa kehamilan. Kalau perlu libatkan suami saat melakukan senam hamil.

    3. Berbaring dengan Posisi Rileks

    Saat perut makin membesar, timbul banyaknya ketidaknyamanan yang bisa menyebabkan stres bila tidak diatasi. Untuk mengatasinya, lakukan posisi rileks dengan cara berbaring miring. Letakkan bantal di bawah kaki dan di antara dua kaki (dijepit). 

    Posisi rileks juga bisa dilakukan dengan telentang dengan meletakkan bantal di kaki, panggul, dan punggung, dengan posisi kepala lebih tinggi.

    4. Mengontrol Pernapasan

    Suplai oksigen yang lancar akan membuat tubuh rileks dan mengurangi stres. Untuk itu, pernapasan harus dikontrol. Hiruplah udara dalam-dalam melalui hidung dan keluarkan lewat mulut. Saat mengembuskan udara, kendurkan otot-otot tubuh. Jangan menahan napas karena hal ini justru akan membuat Ladies lebih tegang. Bila perlu, pelajari teknik pernapasan yang baik. Selain membuat rileks, teknik pernapasan yang baik  juga mencegah kepanikan saat proses melahirkan nanti.

    5. Melakukan Pemijatan lembut

    Pada saat hamil, beberapa bagian tubuh kita sering mengalami nyeri, terutama di persendian. Bila tidak diatasi, hal ini bisa memicu stres. Pijatan lembut akan mengurangi nyeri yang dirasakan. Mintalah bantuan suami untuk memijat bagian yang tidak bisa dijangkau. 

    Oke Ladies, demikian lima tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres pada masa kehamilan. Simpel, bukan? Selain itu, tetap berpikir positif dan selalu bersemangat, agar Ladies bisa benar-benar bahagia menjalani masa kehamilan.

     

    Dikutip dari :
    https://joeragan-artikel.com/hindari-stres-saat-hamil-yuk-lakukan-5-langkah-ini/

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *