Keep Spirit

Ingin Terjun ke Hobi Mobil RC? Kenali Dulu Jenisnya

Ingin terjun ke hobi mobil remote control? Kenali dulu jenisnya (ilustrasi foto: youtube rcrcrc) SPIRIT – Mainan remote control (RC) biasanya berupa...

Written by Keep Spirit · 2 min read >
Ingin terjun ke hobi mobil remote control? Kenali dulu jenisnya (ilustrasi foto: youtube rcrcrc)
Ingin terjun ke hobi mobil remote control? Kenali dulu jenisnya (ilustrasi foto: youtube rcrcrc)

SPIRIT – Mainan remote control (RC) biasanya berupa mobil, pesawat hingga kapal. Untuk mobil RC juga memiliki berbagai jenis. Mulai mobil RC yang khusus untuk track aspal, of road, bahkan ada juga mobil RC yang khusus untuk menrayap di bebatuan. Nah, bagi kamu yang ingin terjun ke hobi mobil RC, kenali beberapa jenisnya berikut ini.

Untuk memainkan mobil remote control RC tidak bisa sembarangan tempat, kamu harus memainkan mobilmu sesuai dengan jenisnya. Mobil RC off road misalnya, kamu bisa memainkan ditrack bebas seperti di bekas track motorcross ataupun dibantaran sungai agar lebih menantang. Sebaliknya, jika kamu menggunakan mobil RC yang aspal, kamu wajib memainkannya di track dengan permukaan yang halus.

Disamping itu, mainin ini juga diklasifikasikan berdasarkan skala. Umumnya mainan ini yang paling kecil memiliki skala 1/16, sedangkan yang besar umunya memiliki skala 1/8. Selain itu, mobil RC juga bisa  diklasifikasikan berdasarkan pengaturan control dan juga sumber tenaga. Untuk jenis pengaturan kontrol, ada yang berjenis RC quick drive (QD) dan proportional (propo).

Mobil RC dikualifikasikan berdasarkan skala (ilustrasi foto: speedhunters.com)
Mobil RC dikualifikasikan berdasarkan skala (ilustrasi foto: speedhunters.com)

RC QD tidak bisa diatur sudut beloknya secara progresif, artinya sekali belok mobil akan belok maksimal. Selain itu Pedal gas pada RC QD juga tidak bisa diatur, tekan selembut apapun remote-nya, akan tetap gaspol. Nah, untuk bahan bakar, RC ada yang menggunakan baterai dan nitromethanol.

Tentunya di antara dua jenis mobil remote yang menggunakan mesin dengan glow engine (2 tak) serta bahan bakar campuran metanol dan nitro yang lebih kencang. Jenis ini sangat cocok untuk ajang balapan. Jika kamu ingin memulai hobi untuk bermain mainan ini, kamu harus tentukan dulu jenis apa yang akan kamu mainkan. Selain perbedaan harga, jenis RC juga berpengaruh pada perawatan.

Simak beberap tips berikut ini bagi kamu yang ingin menekuni hobi balap mobil RC.

Memilih model mobil RC

mobil RC (Ilustrasi foto: traxxas)
(Ilustrasi foto: traxxas)

Memilih model mobil remote control merupakan salah satu hal yang sangat penting. Sekarang ini sudah banyak berbagai merek mobil remote control dengan desain, kecepatan dan ukuran berbeda-beda yang akan membuat kamu kebingungan. Model mobil remote yang paling populer sendiri ada 3 yakni, sedan, truk, dan buggy.

Tapi buat kamu yang ingin menggunakan mobil remote untuk ajang balapan pilihlah model sedan. Karena mobil model sedan ini memiliki kecepatan yang lebih besar jika dibandingkan dengan model mobil remote lainnya. Selain cocok untuk balapan model sedan ini juga dapat digunakan drifting.

Memilih ukuran mobil RC

mobil RC (ilustrasi foto: rcgeeks)
(ilustrasi foto: rcgeeks)

Selain model kamu juga akan kebingungan memilih ukuran mobil remote control. Kenapa bisa membingungkan? Karena untuk ukuran detailnya sendiri terkadang pihak pabrik menjelaskan jenis ukuran dengan format bertuliskan 1/16, 1/10, 1/8, 1/5 dan lainnya. Format ukuran ini memiliki arti bahwa perbandingan ukuran mobil aslinya. Contohnya saja yang berukuran 1/16 artinya mobil ini memiliki ukuran 16 lebih kecil dari mobil aslinya.

Tetapi belum tentu juga bahwa mainan mobil yang memiliki ukuran 1/16 semua jenis sama. Misalnya saja jika kamu bandingkan dengan mobil sedan berukuran 1/16 belum tentu sama juga dengan mobil monster truck bukan. Oleh sebab itu, kami sarankan bagi pemula untuk memilih mobil yang berukuran 1/10, selain simple kamu akan lebih mudah merawat dan menyimpannya.

Tentukan jenis bahan bakar mobil RC

(ilustrasi foto: arenamodifikasi.club)
(ilustrasi foto: arenamodifikasi.club)

Dalam mobil remote control terdapat dua jenis bahan bakar untuk dapat melaju jalan yakni, listrik dan bensin. Bahan bakar listrik sangat cocok buat kamu yang baru pertama kali terjun di dunia mobil remote control ini.

Karena selain memiliki harga yang lebih murah dari pada yang berbahan bakar bensin, jenis ini lebih mudah untuk mengendalikannya juga. Tidak hanya itu mobil listrik juga memiliki suara yang tidak bising, tapi sayangnya laju kecepatan akan lebih unggul untuk mobil remote berbahan bakar bensin.

Two Wheel Drive atau Four Wheel Drive

Mobil remote yang memiliki tipe Two wheel drive (2WD) memiliki kecepatan lebih rendah jika dibandingkan dengan tipe four wheel drive (4WD), tetapi dalam hal keawetan tipe (2WD) lebih unggul. Oleh sebab itu mobil remote tipe 2WD lebih murah dari pada 4WD.

(ilustrasi foto: Getty Images)
(ilustrasi foto: Getty Images)

Hobi maian ini memang terlihat seru, namun sebelum memulai kamu wajib menyimak 4 tips diatas. Selain memainkannya, ada satu lagi keseruan jika kamu menekuni hobi ini. Menurut penuturan beberapa orang yang telah menekuni hobi ini menyebutkan bahwa di Hobbystar RC kamu bisa merakit, memperbaiki, membeli unit, hingga memesan unit remote control sesuai dengan keinginanmu.

Untuk harga sendiri, mainan ini memiliki harga yang bervariasi tergantung dengan klasifikasi, mulai dari 500 ribu rupiah hingga jutan rupiah.  Tingkat kemahalan satu unit mobil remote control dipengaruhi oleh merek, handling, dan berbagai jenis upgrade di dalamnya. Semakin banyak kamu memodifikasi mobil remote control-mu, maka akan semakin dalam kamu harus merogoh kantong.

Nah, sekali lagi, jika kamu baru akan mencoba hobi unik yang satu ini sebaiknya pelajari dulu tips memilih mobil RC yang tepat agar semuanya sesuai ekspektasi dan menyenangkan hati.

Written by Keep Spirit
Keep Spirit! Saya hanyalah seorang Penulis Biasa yang Merangkai dan mengembangkan kata demi kata, Merangkum dari Beberapa sumber, dan saat ini saya Sebagai Penulis di Spirit.Web.ID Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *