Inilah 5 Manfaat Menulis bagi Kesehatan Psikis

  • 2 min read
  • Aug 02, 2020
Table Of Content [ Close ]

    Halo, Smart Ladies!

    Kapankah  terakhir kali Ladies menulis? Berekspresi merangkai kata-kata sesuai mood ? Mungkin jarang menulis dalam satu pekan. Atau ada yang telah rutin  menulis setiap hari. Tahukah Ladies, menulis tidak hanya menyalurkan hobi. Menulis bukan hanya kebutuhan bagi yang berbakat menulis. Menulis dilakukan secara profesional dan terencana bagi penulis profesional.

    Selain bermanfaat bagi tubuh, menulis juga sangat berguna untuk kesehatan psikis. Jika Ladies jarang menulis, bisa memulai menuliskan aktivitas sehari-hari di buku harian, blog pribadi, Facebook, atau Instagram. Berikut lima manfaat menulis bagi  kesehatan psikis.

    1. Membaca Melatih Kepekaan Seseorang 

    Sebelum menulis tentu diawali membaca apa saja yang berkaitan dengan topik atau tema yang akan ditulis.  Hal ini merupakan langkah awal agar mudah membuat tulisan berkaitan dengan tema yang ditetapkan. Seiring waktu berlalu, ide akan mengalir setiap hari sehingga lebih mudah untuk menulis. Tanamkan motivasi bahwa menulis itu melatih kepekaan terhadap apa yang akan ditulis.

    2. Memperkuat Daya Ingat

    Menulis dapat membantu memperkuat daya ingat dan menyaring informasi penting untuk diingat. Otak menerima banyak informasi setiap hari. Salah satu cara untuk berkonsentrasi, mengingat, dan memahami informasi adalah dengan menulis. Ingatan bersifat selektif sehingga hanya akan mengingat informasi yang difokuskan. Menulis membantu fokus pada informasi atau tema yang ditulis. Dengan menulis kita pun bisa terhindar dari penyakit pikun pada masa usia lanjut.

    3. Menghilangkan Stres

    Ternyata kegiatan menulis dapat membantu mengatasi gejala depresi dan kecemasan. Menulis pun mampu mengurangi atau mengendalikan munculnya pikiran negatif yang mengganggu dan membuat pikiran lebih tenang. Aktivitas ini juga dapat membantu menghilangkan trauma masa lalu. Menulis membantu melepaskan emosi tertahan berakibat stres. Kemudian luapan emosi tersebut dilampiaskan ke dalam tulisan melalui rangkaian kata-kata. Secara perlahan ledakan emosi reda dengan sendirinya.

    4. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

    Salah satu manfaat menulis bagi kesehatan adalah meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu mempercepat pemulihan  berbagai penyakit.

    Menuliskan curahan hati atau buah pikiran dapat meningkatkan kemungkinan melawan beberapa penyakit seperti kepala, asma, gangguan tidur, atau berbahaya lainnya seperti kanker. Menulis pengalaman pribadi atau apa yang dirasakan juga mampu mengurangi stres sehingga memberikan efek memperkuat daya tahan tubuh.

    5. Menimbulkan Rasa Syukur dan Bahagia

    Menulis dapat menurunkan stres sehingga menciptakan suasana hati yang bahagia. Setelah merasa senang tentu akan muncul rasa syukur kepada Allah Swt.  Apabila sudah timbul rasa demikian maka kesehatan psikis pun akan terjaga.

    Nah, itulah lima manfaat menulis bagi kesehatan psikis, Ladies. Teruslah menulis agar terhindar dari stres dan kesehatan terpelihara. Semoga bermanfaat.

    Dikutip dari :
    https://joeragan-artikel.com/inilah-5-manfaat-menulis-bagi-kesehatan-psikis/

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *