Jangan Takut, Ini 7 Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil

  • Share

SPIRIT – Banyak manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil ketika olahraga. Mengandung atau hamil memang merupakan proses yang berat yang menguras energi baik fisik maupun psiskis. Namun walaupun mengandung merupakan kondisi yang cukup rentan bukan berarti hal ini membuat ibu hamil harus beristirahat hingga 24 jam sehari. Malahan, ibu hamil sangat dianjurkan untuk berolahraga walaupun tengah berbadan dua.

Sebagian ibu hamil mungkin enggan berolahraga, alasannya adalah takut kelelahan atau membahayakan bagi janin mereka. Namun sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh ibu hamil dengan berolahraga. Asal dilakukan sesuai dengan kemampuan dan kondisi ibu hamil itu sendiri. Berikut ini adalah 8 manfaat olahraga bagi ibu hamil.

1. Mempermudah proses persalinan

Mempermudah Proses Persalinan
Mempermudah Proses Persalinan

Dengan berolahraga, otot panggul dan di area jalan lahir bayi akan menjadi lebih kuat karena sistem peredaran darah yang semakin lancar di area tersebut. Selain itu olahraga dapat meningkatkan stamina sang ibu, hal ini dapat memperudah dan mempersingkat waktu persalinan yang harus dilalui oleh sang ibu.

2. Menurunkan resiko komplikasi kehamilan

Yoga ibu hamil
Yoga ibu hamil

Gula darah yang  cenderung tinggi ketika masa kehamilan membuat ibu hamil rentan terserang diabetes gestasional. Tidak hanya itu ibu hamil juga memiliki resiko menderita preeklamsia.

Sehingga menjaga tekanan darah agar selalu normal ketika hamil merupakan hal yang sangat penting. Olahraga merupakan salah satu hal yang dapat menjaga agar ibu hamil tidak terserang penyakit-penyakit tersebut dan mengindarkan sang mama dari resiko komplikasi kehamilan.

3. Olahraga buat ibu hamil tidur lebih nyenyak

Tidur lebih Nyenyak
Tidur lebih Nyenyak

Tidur yang nyenyak bahkan masih sering menjadi masalah baik bagi laki-laki atau perempuan yang tidak hamil. Apalagi bagi para ibu hamil, menemukan posisi tidur yang nyaman bisa menjadi persoalan yang sulit. Berolahraga bisa membuat tidur para ibu hamil menjadi lebih nyenyak, karena olahraga membuat tubuh kelelahan, ibu hamil jadi tidak perlu repot-repot untuk mencari posisi tidur paling nyaman.

Selain itu olahraga dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan hormon endorfin yang mana fungsi dari hormon tersebut adalah untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stress serta menigkatkan kualitas tidur

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *