Kulkas Cepat Rusak? Jangan Panik, Lakukan Langkah Ini!

  • 2 min read
  • Aug 02, 2020

Halo, Smart Ladies?

Bagaimana caranya agar kulkas awet? Sepertinya kulkas rusak itu menjadi sesuatu yang begitu mewah. Kenapa? Mengingat garansi elektronik ini yang rata-rata sepuluh tahun, mustahil mengalami kerusakan sebelum tenggat waktu yang dijanjikan, bukan?

Sayangnya Ladies, fakta di lapangan berkata lain. Banyak tempat servis elektronik yang menangani keluhan, suhu pada almari pendingin yang sudah tidak dingin lagi. Atau kebocoran yang mengakibatkan air merembes ke lantai. Hal tersebut tentu saja sangat berbahaya, kan, Ladies. Air yang menggenang di lantai bisa mengakibatkan kecelakaan, apalagi kalau di rumah Ladies ada anak kecil.

Untuk itu Ladies, ada beberapa hal yang perlu Ladies perhatikan dalam merawat lemari es supaya tetap awet.

1. Saat baru datang dari toko, jangan langsung hubungkan stop kontak dengan aliran listrik. Biarkan minimal 8 jam dulu, biar mesin stabil setelah perjalanan dari toko ke rumah Ladies. Beri waktu agar minyak kompresor kembali ke posisi semula, sehingga mesin dapat bekerja secara maksimal.

2. Bersihkan kulkas secara berkala. Sortir bahan makanan yang sudah busuk atau tidak terpakai lagi. Bersihkan rak-raknya dengan air hangat dan sabun. Terkadang bekas makanan meninggalkan bau yang tidak sedap.

3. Pada kulkas satu pintu, terdapat wadah penampungan air. Wadah tersebut harus sering dibersihkan dengan sabun untuk menghindari jentik nyamuk. Bisa tambahkan bubuk abate atau deterjen, supaya nyamuk tidak berkumpul di sana.

4. Cairkan bunga es, untuk kulkas satu pintu, sebelum mencapai ketebalan satu sentimeter. Jangan gunakan benda tajam untuk mengikis bunga es, karena dapat merusak lapisan freezer.

5. Tutup bahan makanan dalam wadah. Pastikan tidak memasukkan makanan panas ke dalam kulkas. Hal ini akan menyebabkan kompresor bekerja lebih keras.

6. Ganti karet pintu lemari es jika mulai kendur. Pintu yang tidak rapat menyebabkan suhu dalam kulkas keluar sehingga makanan lebih mudah busuk. Buka pintu kulkas seperlunya saja. Jika tidak terpakai lagi, maka segera tutup kembali.

7. Jangan menaruh bahan makanan terlalu penuh. Usahakan masih ada sisa sepertiganya supaya sirkulasi udaranya baik.

8. Cermatlah saat membeli. Rekomendasi penjual bisa dipertimbangkan,mengingat kegunaan kulkas dalam jangka waktu yang lama.

Ladies, semoga beberapa tips di atas bisa Ladies gunakan supaya elektronik di rumah tetap awet.

 

Dikutip dari :
https://joeragan-artikel.com/kulkas-cepat-rusak-jangan-panik-lakukan-langkah-ini/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *