Minuman Hangat Tradisional yang Pas Dinikmati saat Hujan, Mana Favorit Ladies?

  • 2 min read
  • Aug 02, 2020
Table Of Content [ Close ]

    Di musim hujan seperti sekarang, paling enak mengonsumsi minuman hangat, ya, Ladies. Sebagai negara dengan kekayaan kuliner melimpah, Indonesia punya aneka minuman hangat legendaris warisan leluhur. Resep tradisional ini rasanya tak kalah nikmat dibandingkan dengan minuman kekinian.


    Aneka minuman tradisional ini sangat tepat menemani Ladies saat cuaca sedang dingin. Hal ini disebabkan minuman tersebut terbuat dari rempah-rempah alam yang berkhasiat menghangatkan tubuh. Apa saja minuman legendaris warisan leluhur kita? Yuk, ikuti ulasan berikut ini. Mungkin salah satunya adalah favorit Ladies.

    Wedang Tahu

    Minuman ini biasa disebut tahwe atau kembang tahu. Minuman ini terdiri dari tahu sutra dan kuah jahe. Rasanya mirip ronde, tetapi varian isinya lebih sederhana. Tahu sutra dibuat dari sari kedelai yang dicampur agar-agar, kemudian dididihkan. Adonan ini didiamkan hingga berbentuk seperti puding. Untuk menyajikannya, tahu sutra disendok tipis-tipis, lalu disiram kuah yang terbuat dari campuran air, jahe, serai, cengkeh, gula jawa, dan sedikit garam yang dididihkan. Aromanya khas dan rasanya hangat.

    Bir Pletok

    Minuman tradisional Betawi ini berasal dari aneka rempah, seperti jahe, pandan, serai, kayu manis, kapulaga, dan kayu secang. Meskipun namanya bir, minuman yang satu ini halal dikonsumsi karena tidak mengandung alkohol. Perpaduan jahe dan kapulaga membuat minuman ini mampu menghangatkan tubuh di kala cuaca dingin.

    STMJ

    Minuman yang terdiri dari susu, telur, madu, dan jahe ini sudah dikenal banyak orang. Sensasi hangat dari jahe terasa nyaman mengalir ke tenggorokan bila minuman ini dikonsumsi saat musim hujan. Susu, madu, dan telur berkhasiat menjaga kesehatan karena dapat meningkatkan imunitas tubuh saat cuaca tidak bersahabat.

    Bajigur

    Minuman khas Sunda ini dibuat dari campuran kopi, santan, jahe, garam, dan gula aren. Namun, banyak pedagang mengkreasikan minuman tradisional ini dengan tambahan irisan kolang-kaling atau sobekan roti tawar. Perpaduan sempurna antara gurihnya santan danĀ  manisnya gula aren membuat bajigur disukai. Rasanya sangat nikmat jika diseruput saat masih hangat, apalagi kalau dinikmati bersama singkong rebus atau roti bakar.

    Bandrek

    Minuman ini isinya hampir sama dengan bajigur, tetapi ditambahi dengan beberapa rempah, seperti cengkeh, serai, susu, dan daging kelapa muda. Rasa hangat yang diperoleh dari jahe dan cengkeh mampu menghangatkan badan yang menggigil.

    Musim hujan membuat cuaca menjadi dingin sehingga kita malas beraktifitas. Hal ini membuat tubuh tidak merasa haus. Namun, sebenarnya tubuh tetap membutuhkan asupan cairan agar tidak dehidrasi. Mengonsumsi minuman hangat tidak hanya berfungsi menyeimbangkan suhu tubuh, tetapi juga menambah asupan nutrisi. Bila selama ini Ladies lebih sering mengonsumsi minuman saset yang dianggap praktis, mulai saat ini, tidak ada salahnya mencoba aneka resep di atas. Dijamin, rasanya tak kalah nikmat.

    Dikutip dari :
    https://joeragan-artikel.com/minuman-hangat-tradisional-yang-pas-dinikmati-saat-hujan-mana-favorit-ladies/

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *