Nendang dan Tak Terlupakan! 5 Kuliner Lamongan Hits yang Wajib Dicicipi

  • 2 min read
  • Aug 02, 2020
Table Of Content [ Close ]

    Hai, Ladies.

    Lamongan adalah salah satu kota yang terkenal di Jawa Timur. Kota yang berada di pesisir Utara ini terkenal dengan julukan sebagai Kota Santri. Tidak hanya itu, Lamongan juga dikenal sebagai kota dengan tempat wisatanya yang indah. Namun, dibalik semua itu, Lamongan juga menyimpan kekayaan kuliner yang rasanya lezat, nendang, dan tak terlupakan.

    Bagi yang sudah pernah menginjakkan kaki di Kota Lamongan dan mencicipi kulinernya, pasti akan mengakui hal tersebut. Kuliner Lamongan apa saja yang katanya tak terlupakan itu, ini dia ulasannya.

    1. Soto Lamongan

    Pertama kali mendengar kata Lamongan, akan terlintas di kepala adalah kuliner yang satu ini. Soto Lamongan. Makanan yang berasal dari Lamongan ini, memang sudah terkenal di mana-mana dan sangat mudah menemukannya. Saking terkenalnya, salah satu mi instan merk ternama menggunakannya sebagai varian rasa.

    2. Nasi Boran Lamongan

    Kuliner berikutnya adalah nasi boran. Dinamakan nasi boran karena nasinya ditempatkan dalam sebuah wadah yang bernama boran, tempat yang terbuat dari anyaman bambu. Sebagai pelengkap, terdapat beberapa lauk seperti ikan bandeng, ayam, ikan silli, dadar, empuk, ditambah dengan urap serta rempeyek. Kemudian,  disiram dengan bumbu merah yang lezat.

    Keunikan makanan ini adalah tidak akan mudah ditemui di daerah lain. Walaupun ada, rasanya akan berbeda jauh dengan yang ada di Kota Lamongan. Untuk mencicipi makanan ini, bisa datang ke alun-alun Lamongan atau sepanjang jalan besar Kota Lamongan.

    3. Tahu Campur

    Tahu campur adalah kuliner khas Lamongan terkenal berikutnya. Kuliner ini mempunyai keunikan pada perpaduan kuah dan juga petis khas Pantura. Tahu campur berisi mi kuning, dilengkapi dengan perkedel singkong, daging sapi, selada, dan juga taoge. Soal rasa, kuliner ini pun tiada duanya dibandingkan dengan kuliner Lamongan yang lain.

    4. Jumbrek

    Saat bertandang ke Lamongan, jangan lupa untuk mencicipi jajanan khas lainnya. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula jawa, akan menawarkan rasa legit dan menggigit di lidah.

    Bungkusnya yang terbuat dari daun pohon siwalan, makin menambah kelezatan rasanya. Untuk mencicipi Jubrek, Ladies dengan mudah mendapatkannya, terutama di Desa Paciran. Di daerah ini, banyak pedagang makanan di pinggir jalan yang menjualnya.

    5. Rujak Buah Khas Paciran

    Paciran merupakan salah satu desa di Kota Lamongan, terkenal dengan kulinernya yang tak kalah lezat. Tidak hanya Jumbrek, Paciran juga mempunyai kuliner khas lainnya, yaitu rujak buah. Rujak buah di desa ini telah terkenal di mana-mana.

    Kelezatan rasanya terletak pada racikan bumbu yang terdiri dari gula merah, petis, dan asam jawa. Rujak yang paling terkenal adalah rujak milik Mak Tas. Banyak orang dari luar daerah yang rela antri di tempat ini untuk dapat menikmati kelezatan rasanya.

    Mengunjungi Lamongan, tidak cukup jika hanya menikmati wisatanya saja tanpa mencicipi berbagai kuliner yang lezat dan belum tentu ada di daerah lain. Masih banyak lagi kuliner Lamongan yang bisa dicicipi. Jadi, kapan Ladies akan berkunjung ke Lamongan dan berwisata kuliner?

    Dikutip dari :
    https://joeragan-artikel.com/nendang-dan-tak-terlupakan-5-kuliner-lamongan-hits-yang-wajib-dicicipi/

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *