Keep Spirit

No Bucin! 5 Makanan Ini Bikin Otak Sehat dan Kelewat Pinter

SPIRIT – Otak merupakan salah satu organ yang punya fungsi vital di tubuh kita. Bisa dibilang otak adalah ruang kontrol dari tubuh...

Written by Keep Spirit · 1 min read >

SPIRIT – Otak merupakan salah satu organ yang punya fungsi vital di tubuh kita. Bisa dibilang otak adalah ruang kontrol dari tubuh kita. Sehingga kita membutuhkan otak dalam kondisi sehat. Mengkonsumsi makanan yang meningkatkan fungsi otak dapat mendukung kinerja otak dalam jangka jangka.

Makanan yang kita konsumsi akan berdampak besar pada kesehatan tubuh kita. Termasuk berdampak pada struktur dan kesehatan otak kita. Otak merupakan organ yang cukup intensif bekerja dalam tubuh manusia. Tidak heran kalau aktivitas otak sendiri bisa menggunakan sekitar 20 persen kalori tubuh kita. Sehingga butuh banyak bahan bakar kalau kamu ingin bisa kosentrasi sepanjang hari.

Berikut ini adalah 5 makanan yang baik dikonsumsi jika kamu ingin otak yang pintar dan sehat. Sudah dibuktikan secara ilmiah bahwa makanan-makanan ini bisa mendukung kinerja otak. Selain itu 5 makanan di bawah ini juga sangat mudah ditemukan sehari-hari.

1. Telur

Telur
Telur

Pastinya di Rumah kamu selalu ada stok telur kan, telur merupakan salah satu bahan pokok yang mudah dijumpai. Ternyata telur bisa menjadi makanan yang meningkatkan fungsi otak secara efektif, loh. Karena telur merupakan sumber vitamin B yang terdiri dari vitamin B6 dan B12 serta asam folat. Kandungan-kandungan ini dapat mencegah penyusutan otak dan menunda penurunan kognitif.

2. Alpukat

Alpukat
Alpukat

Alpukat sudah dikenal sebagai bahan makanan yang menyehatkan karena sebagai sumber lemak tak jenuh yang menyehatkan. Alpukat juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak, loh. Karena mengonsumsi lemak tak jenuh yang terkandung dalam alpukat dapat menurunkan tekanan darah. Penurunan tekanan darah tinggi ini otomatis menurunkan resiko penurunan kemampuan kognitif.

3. Brokoli

Brokoli
Brokoli

Siapa nih yang enggak doyan sayur? Terutama brokoli? Beneran deh, sayang banget kalau kamu tidak doyan sayur satu ini. Karena brokoli ini selain menjadi sumber serat makanan rendah kalori. Brokoli juga memiliki fungsi untuk meningkatkan fungsi otak. Karena sayur satu ini kaya akan senyawa yang disebut glukosinolat.

Glukosinolat ketika masuk ke dalam tubuh akan menghasilkan isothiocyanate. Senyawa ini dapat mengurangi stres oksidatif dan menurunkan penyakit neurodegeneratif. Selain itu brokoli juga mengandung vitamin C dan flavonoid yang menjadi antioksidan yang berfungsi meningkatkan kesehatan otak.

Written by Keep Spirit
Keep Spirit! Saya hanyalah seorang Penulis Biasa yang Merangkai dan mengembangkan kata demi kata, Merangkum dari Beberapa sumber, dan saat ini saya Sebagai Penulis di Spirit.Web.ID Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *