Keep Spirit

Pahami 6 Penyebab Komedo Putih yang Sukar Hilang

Spirit – Komedo putih atau disebut whitehead adalah salah satu jenis jerawat yang terbentuk ketika sel-sel kulit mati, minyak, dan bakteri terperangkap di dalam...

Written by Keep Spirit · 1 min read >

Spirit – Komedo putih atau disebut whitehead adalah salah satu jenis jerawat yang terbentuk ketika sel-sel kulit mati, minyak, dan bakteri terperangkap di dalam pori-pori. Folikel-folikel rambut juga ikut terperangkap, sehingga disebut juga dengan komedo tertutup.

Penyebab Komedo Putih Muncul

Komedo sendiri adalah jenis jerawat ringan dan muncul karena produksi minyak berlebih yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit dan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat.

Komedo dapat muncul di bagian tubuh manapun, namun umumnya di hidung, dagu, dan kening (atau yang disebut dengan ‘zona T’). Komedo putih ini juga terkadang bisa tampak menyerupai jerawat pasir.

1) Kebiasaan Memencet Jerawat

Penyebab komedo putih berikutnya yaitu kebiasaan memencet jerawat. Ketika jerawat muncul di bagian wajah, sebaiknya hindari untuk memencetnya. Kebiasaan memencet jerawat dapat meningkatkan risiko infeksi dan menimbulkan komedo putih.

Selain itu, menghindari berbagai produk perawatan yang bisa menambah produksi minyak di kulit juga dipercaya mampu mencegah timbulnya komedo putih. Pasalnya, jika Anda salah menggunakan produk perawatan atau tidak cocok, maka dapat memicu timbulnya beruntusan.

2) Pola hidup yang tidak sehat

Jika kamu sudah melakukan beberapa cara untuk menghilangkan komedo, akan tetapi komedo itu tetap saja tidak hilang bahkan malah bertambah lebih banyak dari sebelumnya. Maka kamu jangan dulu menyalahkan produk yang kamu pakai untuk menghilangkan komedo, bisa saja ini karena pola hidup kamu yang tidak sehat.

Contoh pola hidup yang tidak sehat diantaranya adalah jarang memperhatikan kebersihan tubuh, tidak peduli dengan kebersihan tempat yang kamu tinggali, dan hal yang sangat berpengaruh adalah jam istirahat yang tidak teratur. Karena jika kamu sering tidur terlalu larut, hal itu akan mempersulit kulit kamu melakukan regenerasi sehingga kemungkinan besar kulit kamu akan menjadi rusak.

3) Akibat memencet jerawat

Bagi kamu yang sering sekali memencet jerawat karena sudah tidak sabar, maka hentikanlah kebiasaan tersebut sekarang juga. Karena selain dapat meninggalkan bekas jerawat, kegiatan seperti memencet jerawat juga dapat menimbulkan komedo. Hal ini dikarenakan sata kita memencet jerawat maka folikel rambut pada kulit tersebut akan pecah dan menimbulkan tumbuhnya komedo.

4) Komedo putih karena faktor cuaca

Biasanya komedo mudah menyerang seseorang pada cuaca panas, hal ini terjadi karena pada cuaca panas sering terdapat debu dan polusi. Dan kamu juga sudah tahu bahwa debu dan polusi sangatlah tidak baik bagi kulit wajah, ditambah lagi jika kulit wajah kamu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung maka akan memicu tumbuhnya komedo pada area hidung.

5) Terlalu sering menggunakan makeup

Menggunakan makeup yang berlebihan dapat mengganggu kebebasan kulit untuk ‘bernapas’ dan dapat menyumbat pori-pori. Alhasil, komedo putih akan lebih mudah tumbuhnya komedo di wajah. Terlalu sering mengaplikasikan makeup ternyata dapat meningkatkan potensi munculnya komedo putih pada wajah.

6) Komedo putih karena perubahan hormon

Perubahan hormon seperti pada saat menstruasi sangat mempengaruh, banyak wanita yang menemukan bahwa kemunculan komedo dan jerawat memburuk saat siklus menstruasi. Pasalnya, ketika estrogen menurun, kadar progesteron meningkat, memberi sinyal kelenjar untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Selain pada saat menstruasi, kehamilan, menopause, atau pil KB juga menjadi penyebab hormon berubah.

Written by Keep Spirit
Keep Spirit! Saya hanyalah seorang Penulis Biasa yang Merangkai dan mengembangkan kata demi kata, Merangkum dari Beberapa sumber, dan saat ini saya Sebagai Penulis di Spirit.Web.ID Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *