Keep Spirit

Selain Rasa, Pala Punya Banyak Manfaat Untuk Tubuh Loh

Spirit – Salah satu rempah Indonesia yang bernilai tinggi adalah pala. Yupp, buah pala merupakan salah satu bumbu dapur khas Indonesia. Biasanya...

Written by Keep Spirit · 1 min read >

Spirit – Salah satu rempah Indonesia yang bernilai tinggi adalah pala. Yupp, buah pala merupakan salah satu bumbu dapur khas Indonesia. Biasanya pala sering digunakan untuk berbagai macam hidangan Nusantara sebagai pemberi aroma dan penguat rasa. Apakah kamu suka menambahkan pala ke dalam masakan? Perlu kamu ketahui, buah pala punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuhmu loh. Itulah sebabnya, selain sebagai penguat rasa, pala juga punya banyak manfaat untuk dipergunakan dalam pengobatan tradisional.

Nah, kira-kira apa saja yaa manfaat buah pala untuk kesehatan tubuh kita? Berikut 5 manfaat buah pala untuk tubuhmu :

Detoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh

Kamu mungkin tidak sadar, bahwa selama ini sudah banyak racun yang masuk ke dalam tubuh karena makanan. Dilansir dari Fitday, detoksifikasi memainkan peran penting dalam kesehatan yang baik. Setiap hari, zat berbahaya masuk ke tubuh melalui makanan, obat-obatan dan lingkungan. Inilah sebabnya mengapa detoksifikasi konstan diperlukan untuk membersihkan tubuh, salah satunya dengan sering menambahkan pala pada masakan.

Dosis pala yang teratur dapat membantu dalam proses pembersihan. Buah pala dapat bertindak sebagai tonik, yaitu zat yang bisa mengeluarkan racun-racun tubuh.

Membantu Meningkatkan Sistem Imunitas

Disaat pergantian cuaca atau memasuki musim penghujan seperti ini, tubuh akan lebih rentan terinfeksi. Belum lagi pandemic covid-19 yang belum juga membaik secara global, kamu harus lebih extra dalam menjaga system imunitas tubuh. Tindakan pencegahan seperti mempersiapkan sistem kekebalan tubuh untuk menghadapi musim dan pandemi ini, minum vitamin dan suplemen saja tidaklah cukup. Pola makan yang sehat dengan menambahkan pala, maka dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dikutip dari Vogue, pala adalah analgesik. Itu artinya pala memiliki khasiat pereda nyeri, terutama saat flu dan menenangkan kondisi pernapasan.

Selain itu buah pala mengandung vitamin C yang mampu menjaga sistem imun pada tubuh.

Mengurangi tekanan darah dan menurunkan kardiovaskular

Darah tinggi atau hipertensi memang terbilang penyakit mengkhawatirkan. Sedangkan cara menjaga tekanan darah agar tetap stabil yakni dengan memanfaatkan buah pala. Rempah pala kaya akan kalsium, kalium dan magnesium yang merupakan nutrisi utama untuk mengatur tekanan darah tinggi. Selain itu, pala mampu merelaksasikan pembuluh darah yang pada gilirannya membantu kelancaran fungsi jantung. Kandungan mineral dan kaliumnya dalam buah pala efektif dalam menjaga fungsi organ hingga menurunkan ketegangan pada sistem kardiovaskular.

Membantu buang air besar dan mengeluarkan gas

Kamu pernah mengalami kesulitan buang air besar atau BAB? Tentunya hala tersebut bisa sangat mengganggu yaa. Untuk mengatasinya, kamu dapat melakukan cara melancarkan BAB secara alami dengan buah pala. TimesNowNews memaparkan, jika menderita gangguan pencernaan maka bisa mengandalkan pala. Ini karena pala kaya akan kandungan serat yang mengeluarkan gas dari tubuh, merangsang sekresi enzim pencernaan di tubuh dan memberikan relaksasi. Bahkan buah pala juga dapat membantu masalah diare, sembelit dan perut kembung.

Mencegah masalah kesehatan mulut terkait bakteri

Ada cara alami untuk mengobati gangguan pada gusi yang bengkak, salah satunya dengan mengandalkan buah pala. Sifat antibakteri yang dimiliki buah pala, secara efektif dapat membantu membersihkan bakteri penyebab bau mulut dan meningkatkan kekebalan gusi maupun gigi. Healthline menjelaskan, pala memiliki sifat antibakteri yang telah terbukti kuat terhadap Streptococcus mutans, Aggregatibacter actinomycetemcomitans dan Porphyromonas gingivalis penyebab gigi berlubang maupun penyakit gusi. Dengan demikian, pala dapat mencegah masalah kesehatan mulut terkait bakteri.

Itulah kelima manfaat buah pala untuk kesehatan. Apakah kamu ingin lebih sering menambahkan pala pada makananmu?

Written by Keep Spirit
Keep Spirit! Saya hanyalah seorang Penulis Biasa yang Merangkai dan mengembangkan kata demi kata, Merangkum dari Beberapa sumber, dan saat ini saya Sebagai Penulis di Spirit.Web.ID Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *