Tips Belanja di Online Shop Agar Tidak Tertipu

Tips Belanja di Online Shop – Di zaman yang serba digital seperti saat ini kita di mudahkan hampir dalam berbagai hal, seperti berbelanja. Saat ini kita bisa belanja atau memesan barang hanya lewat ponsel pintar kita saja. Karena kini telah hadir toko online atau online shop yang menjual berbagai jenis barang yang bahkan kadang tidak kita temukan di toko offlie.

Di balik kemudahan yang di tawarkan tak sedikit juga orang yang memanfaatkannya untuk melakukan kejahatan, seperti menjual barang palsu atau bahkan melakukan penipuan seperti barang yang di pesan tidak sampai ke tangan pembeli. Maka dari itu kita sebagai pembeli di wajibkan untuk selalu berhati-hati. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tips belanja di online shop agar tidak tertipu.

Tips Belanja di Online Shop Agar Tidak Tertipu

Related Topic

READ  Obat Alami Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

Selain itu masih ada risiko lain ketika kita melakukan transaksi menggunakan kartu kredit, Ada kemungkinan kartu kredit kita di hack atau di kloning orang lain. Nah untuk itulah agar kamu tidak tertipu ketahui dulu tips belanja di online shop di bawah ini.

1.Pastikan Online Shop Terpercaya

Semakin banyak review atau testimonial yang di berikan oleh para pelanggan yang telah membeli bisa jadi ukuran apakah online shop tersebut sudah bagus atau tidak. Kita bisa mencari review dari online shop dengan menggunakan pencarian di Google. Nantinya kita akan di berikan rujuka ke situs forum belanja atau ke sosial media.

Selai itu pastikan juga alamat online shop supaya memperkecil kemungkinan terjadinya kebocoran informasi. Biasanya online shop yang terpercaya menggunakan alamat HTPS dan terdapat ikon gembok yang terdapat di samping alamat online shop, Karena situs yang di awali dengan HTTPS memiliki keamanan yang lebih baik di bandingkan situs yang tidak menggunakan HTTPS.

READ  Jenis Burung Murai Batu yang Punya Suara Merdu

2.Baca Kebijakan yang di Berikan Oleh Online Shop

Kebanyakan orang akan mengabaikan dan tidak membaca syarat dan ketentuan yang di berikan oleh pihak online shop. Padahal sebenarnya hal ini sangatlah penting jika terjadi sesuatu yang tidak terduga. Seperti misalnya barang yang di kirimkan cacat serta ongkos kirim akan di bebankan kepada siapa. Jadi sebaiknya kita sebelum berbelanja di online shop ada baiknya untuk membaca syarat dan ketentuan yang di berikan.

3.Jangan Tergiur Dengan Harga Murah

Salah satu hal menarik ketika kita berbelanja di online shop harga yang di tawarkan jauh lebih murah ketimbang membeli di toko offline. Namun kita sebagai pembeli yang cerdas jangan langsung tergiur dengan harga murah. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, di antaranya seperti di bawah ini:

  • Jangan langsung terburu-buru untuk membeli barang tersebut dan melakukan transaksi serta memberikan semua informasi penting seperti email, password dan kartu kredit.
  • Cermati barang yang ingin di beli, karena bisa jadi barang tersebut adalah barang palsu atau tiruan.
  • Lakukan survey harga barang dengan cara mengeceknya di online shop yang lain.
READ  Cara Memakai Foundation Agar Tahan Lama dan Tidak Luntur

4.Baca Deskripsi Produk Secara Menyeluruh

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk di online shop ada baiknya kita membaca informasi atau deskripsi terkait barang yag di jual tersebut. Jangan sampai produk yang akan di beli tidak sesuai dengan apa yang di inginkan. Sedangkan jika ada informasi yang kurang jelas kita bisa langsung menguhubungi pihak penjual untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap mengenai produk tersebut.

5.Pilih Metode Pembayaran yang Paling Aman

Tips berbelanja secara online yang berikutnya adalah memilih metode pembayara yang aman. Pilihlah metode pembayaran COD atau jika tidak ada metode COD maka pilihlah metode pembayaran menggunakan rekening bersama. Usahakan untuk tidak transfer terlebih dahulu, kecuali jika online shop tersebut sudah sangat di percaya. Online shop yang baik akan menggunakan rekening perusahaan untuk melakukan transaksi.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips belanja di online shop agar tidak tertipu. Dengan mengikuti tips di atas maka kamu akan mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginan. Satu hal yang pasti ketika ingin bertransaksi secara online kamu perlu berhati-hati.