5 Tips Jitu Mengatasi Bayi Rewel yang Mungkin Belum Kamu Tahu

  • Share
Tips Jitu Mengatasi Bayi Rewel

Tips Jitu Mengatasi Bayi Rewel – Menangis merupakan salah satu cara yang di lakukan bayi jika ingin menyampaikan apa yang sedang ia rasakan. Karena belum bisa berbicara maka menangis adalah cara yang bisa mereka lakukan untuk memberitahu orang tua jika ia merasa kurang nyaman, lapar, haus, bisan, takut atau bahkan sakit.

Sehingga tak heran jika kita bisa mendengar bayi menangis setidaknya 1-4 jam dalam sehari. Selain itu, di usia 1-2 tahunan si kecil juga akan mengalami fase yang di namakan purple crying. Di mana pada fase ini si kecil akan lebih sering menanis dan rewel dari biasanya. Untuk itulah para orang tua harus mengetahui tips jitu mengatasi bayi rewel ketika memasuki fase purple crying.

Tips Jitu Mengatasi Bayi Rewel

Di kutip dari situs sanghamba.com, orang tua bisa mencoba melakukan beberapa langkah sederhana untuk menenangkan si kecil yang rewel dan menangis terus. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Ciptakan Suasana yang Menyenangkan

Ketika masih di dalam kandungan bayi terbiasa mendengarkan suara-suara tertentu seperti suara detak jantung, aliran darah hingga gerakan saluran cerna yang ada di dalam tubuh sang ibu. Suara-suara inilah yang membuat bayi bisa merasa tenang ketika berada di dalam perut sang ibu.

Nah, kamu juga bisa menghadirkan suasana tersebut ketika si kecil rewel dan tidak berhenti menangis. Adapun barang-barang yang bisa kamu gunakan untuk menciptakan suara yang menenangkan seperti suara kipas angin atau detak jam dinding atau bisa menggunakan smartphone untuk memperdengarkan suara-suara seperti ombak di pantai.

Mematikan Lampu

Mematikan lampu ketika anak sedang rewel juga bisa menjadi tips jitu mengatasi bayi rewel. Cara yang satu ini bisa di bilang cukup tricky karena tak selalu berhasil apalagi jika terlalu sering menggunakannya. Di mana dengan cara ini si kecil bisa tenang karena ia terkejut dengan suasana gelap yang tiba-tiba berubah.

Berikan Pijatan

Beberapa studi membuktikan jika memberikan pijatan lembut dan penuh kasih sayang kepada bayi yang rewel juga sangat ampuh untuk menenangkannya. Bahkan sebuah pijatan yang tepat juga bisa membuat bayi yang tadinya rewel tiba-tiba tertidur dengan sangat pulas.

Apalagi caranya juga sangat mudah, orang tua bisa melepaskan pakaian si kecil lalu memijat secara lembut di beberapa bagian seperti kaki, tangan, punggung dan wajahnya. Sentuhan yang lembut dari tangan orang tua bisa memberikan rasa nyaman dan relaksasi untuk si kecil.

Memandikan Si Kecil

Kadang bayi bisa tiba-tiba rewel karena ia sudah tidak merasa nyaman dengan kondisi dan suasana yang gerah. Nah, untuk itulah orang tua bisa memandikannya agar si kecil bisa lebih segar dan kembali ceria. Orang tua juga bisa sekalian mengajak bayi melakukan permainan sederhana dengan mainannya seperti maina bebek karet atau bola air. Sehingga mood si kecil bisa lebih ceria.

Bacakan doa untuk Si Kecil

Dalam agama islam terdapat sejumlah doa yang bisa di pergunakan untuk menangani bayi yang rewel. Cara ini patut untuk di coba karena memang terbukti ampuh dalam kondisi-kondisi tertentu. Adapun doa agar anak tidak rewel yang sering di baca oleh para orang tua adalah doa yang terdapat pada surah At-Takwir ayat 20 atau bisa juga membaya ayat kursi (Al-Fatihah, Al-Ikhlas, An-Nas dan Al-Falaq) masing-masing sebanyak 3 kali.

Perdengarkan bacaan doa tersebut langsung di hadapan si kecil, lakukan dengan penuh keyakinan untuk menenangkan si kecil. Kamu juga bisa meniupkan ke telapak tangan dan mengusapnya ke wajah si kecil atau meniupkannya ke telinga si kecil.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai tips jitu mengatasi bayi rewel. Langkan langkah-langkah mudah di atas jika si kecil tiba-tiba menangis atau rewel. Jangan panik apalagi emosi karena hal tersebut bisa membuat bayi tertekan dan semakin rewel.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *