Tips Kehangatan Keluarga – Joeragan artikel

  • 2 min read
  • Aug 02, 2020
Table Of Content [ Close ]

    Halo, Smart Ladies!

    Baiti jannati atau rumahku surgaku, kata-kata tersebut sudah tidak asing di telinga kita. Semua orang menginginkan agar tercipta rumah yang layaknya surga. Walau  jauh dari surga yang sebenarnya, minimal suasana yang kita rindukan layaknya surga bisa ditemukan di rumah kita.

    Namun, apakah suasananya sudah teralisir? Bagaimana kita menghadirkan suasana surga di rumah?  Untuk itu, Ladies bisa mencoba tips bagaimana agar kita dapat menciptakan kehangatan keluarga di rumah.

    1. Menerima Perbedaan Sifat dan Karakter Anggota Keluarga

    Setiap manusia mempunyai sifat dan karakter yang berbeda. Ada yang pendiam, cerewet, cuek, penyayang, sensitif, dan lain-lain. Dengan demikian, sebaiknya kita bisa menerima semua perbedaan itu dan memberi pengertian semua anggota keluarga agar tidak salah paham.

    2. Ciptakan Suasana Rumah yang Nyaman

    Rumah yang nyaman akan membuat penghuninya merasa betah. Walaupun ada kegiatan di luar, biasanya rumah adalah tempat yang paling membuat kangen. Kangen kepada anggota keluarga yang peduli satu sama lain, bagian-bagian rumah seperti ruang tamu, kamar, teras, suasana saat makan, dan menonton televisi. Selain itu, kita akan kangen menikmati makanan bikinan ibu atau anggota keluarga yang lain.

    3. Memberi Kebebasan untuk Berpendapat dan Berekspresi

    Walau kepala sama hitam, tetapi isinya berbeda. Begitu juga dengan ide, pendapat, dan kreativitas. Biarkan semua mengalir, jika ada yang dirasa kurang pantas, jangan langsung diledek, tetapi ajak ia untuk berdiskusi sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

    4. Siapkan Waktu Bersama

    Waktu bersama keluarga bisa kita lakukan saat makan atau selesai salat. Dalam suasana ini kita fokuskan untuk berbincang santai atau membahas suatu masalah yang kita anggap penting, baik itu menyangkut adab, pengetahuan, dan pendidikan. Sebaiknya, kita lakukan jangan terlalu serius agar anggota keluarga merasa nyaman.

    5. Berdoa untuk Keluarga

    Inilah yang paling utama, ketika hal-hal di atas tidak berjalan dengan baik. Usaha kita sudah maksimal, maka doa adalah senjata kita. Berdoalah kepada Allah agar keluarga kita dijadikan keluarga yang sakinah, mawadah, warrahmah.

    Kehangatan keluarga bisa kita ciptakan dengan mengajak seluruh anggota keluarga untuk ikut berkontribusi. Jika semua sudah saling melengkapi, insyaaallah baiti jannati akan tercipta di keluarga kita. Untuk mencapai baiti jannati tetap butuh proses dan kesabaran. Selamat  mencoba Ladies.

    Fauziah nurhidayati

    Ibu 3 orang anak yang masih ingin belajar agar bisa bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat

    Dikutip dari :
    https://joeragan-artikel.com/tips-kehangatan-keluarga/

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *