Tips Menabung untuk Membeli Rumah

  • 2 min read
  • Aug 02, 2020
Table Of Content [ Close ]

     

    Hai, Smart Ladies.

    Mempunyai rumah sendiri adalah impian semua pasangan yang sudah berkeluarga, terlebih yang telah memiliki anak. Namun, harga rumah yang cenderung mahal membuat impian ini sulit diraih. Oleh karena itu, perlu rencana yang tepat untuk mewujudkan memiliki rumah sendiri. Salah satu caranya adalah dengan menabung.

    Menabung [pixabay.com]

    Simak, yuk, tips menabung untuk membeli rumah berikut ini.

    1. Tentukan Prioritas

    Agar bisa memiliki rumah tanpa mengorbankan prioritas, hal paling mendasar yang harus dilakukan adalah membuat prioritas itu sendiri. Namun kali ini, prioritaskan pada kebutuhan saja. Misalnya, ketika anak masih di bawah tiga tahun, Smart Ladies bisa fokus pada pemenuhan nutrisinya. Sementara kebutuhan lain, seperti membeli baju atau mainan, sebaiknya dibuat sehemat mungkin.

    Bisa dengan menggunakan baju bekas pantas pakai, membuat mainan dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar. Pasalnya, anak di bawah tiga tahun, belum merasakan iri terhadap barang milik teman. Lain cerita, bila anak sudah mulai masuk usia sekolah, dimana akses untuk menginginkan benda seperti yang dimiliki teman-temannya akan lebih besar.

    Sementara memilih pemenuhan nutrisi sebagai hal yang harus diutamakan karena nutrisi diperlukan sebagai pondasi tumbuh kembangnya.

    2. Tentukan Nominal

    Selain menentukan prioritas, Smart Ladies harus mengerti secara pasti berapa jumlah pengeluaran, pemasukan, dan lain-lain. Data ini berguna untuk menjaga arus keuangan tetap lancar; kebutuhan jalan, menabung pun tak tersendat.

    Selain nominal pendapatan dan pengeluaran, Smart Ladies juga harus membuat target menabung. Jangan lupa untuk selalu patuhi target ya. Misal, menyiapkan budgeting belanja sekian rupiah. Kasarnya, cukup tidak cukup ya dibuat bagaimana caranya agar cukup. Pangkas kebutuhan yang kurang penting. Ganti kebutuhan dengan harga mahal dengan barang yang jauh lebih ekonomis tanpa mengurangi nilainya.

    Bagaimana jika masih kurang? Smart Ladies, bisa mulai mencari ide kegiatan yang bisa menghasilkan uang tambahan.

    3. Lakukan Sedini Mungkin

    Jangan tunda-tunda untuk membuat budgeting keuangan, ya, Smart Ladies. Semakin dini akan semakin baik, kebutuhan pun pasti belum terlalu banyak.

    Jadi, memiliki rumah sendiri sebenarnya mudah dilakukan asal tahu triknya. Selamat mencoba, jangan lupa disertai doa, ya.

    Dikutip dari :
    https://joeragan-artikel.com/tips-menabung-untuk-membeli-rumah/

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *