Tips Menata Hunian Terlihat Lapang

  • 2 min read
  • Aug 02, 2020
Table Of Content [ Close ]

    Halo, Smart Ladies! Apakah Ladies tahu rumah bersubsidi?

    Sebagai program pemerintah yang ingin mengentaskan kemiskinan, Indonesia sedang memasarkan hunian bersubsidi untuk kalangan menengah ke bawah. Untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah ini, Ladies harus memastikan belum punya hunian. Surat keterangan bisa diminta di kantor kelurahan. Hal ini sangat membantu, kan, Ladies?

    Dari tahun ke tahun, harga tanah, material, maupun tukang ikut naik layaknya inflasi. Meskipun penghasilan bertambah, memilki rumah impian rasanya semakin jauh. Karena sama, properti juga ikut naik harganya.

    Nah, Ladies, mengajukan rumah subsidi yang telah tersebar di seluruh penjuru tanah air bisa menjadi satu solusi karena harganya yang cukup terjangkau.

    Mengingat rumah ini merupakan subsidi atau sebagian dana pembangunan dan perizinannya dibantu oleh pemerintah, jangan berharap akan mendapatkan sebuah rumah yang cukup besar. Akan tetapi, cukup layak untuk pasangan muda baru yang baru memulai berumah tangga.

    Rumah dengan kisaran luas 30 meter persegi ini telah dilengkapi dengan dua kamar danĀ  satu kamar mandi. Jika ingin menambah dapur masih tersedia sisa tanah di belakang bangunan. Lalu, bagaimana agar rumah mungil ini terkesan lapang? Berikut tips yang bisa Ladies coba.

    1. Cat

    Hindari penggunaan warna yang terlalu gelap, karena warna terang dan cerah membuat ruangan terlihat luas. Ladies bisa mengaplikasikan warna yang paling netral, misalnya putih.

    2. Pencahayaan

    Untuk rumah mungil, disarankan bukaan yang banyak, salah satunya jendela. Selain menghemat energi, bukaan akan membuat sirkulasi udara lebih baik.

    3. Pembatas Ruang

    Usahakan tidak ada sekat untuk ruangan publik, contoh; dapur dan ruang keluarga yang menyatu. Ruang tamu bisa diletakkan di teras, sehingga luas bangunan yang terbatas bisa disiasati penggunaan ruangannya secara maksimal. Karena biasanya, untuk teman dekat bahkan keluarga lebih memilih di ruang tengah atau duduk di meja makan.

    4. Perabot

    Beli perabot yang benar-benar dibutuhkan, bukan yang diinginkan. Pastikan, perabot yang Ladies punya memiliki fungsi ganda. Misal, tempat tidur yang di bawahnya digunakan untuk tempat penyimpanan. Meja makan yang merangkap sebagai meja makan dan meja belajar.

    5. Kaca

    Selain pencahayaan, kesan luas bisa diberikan oleh kaca. Misal kaca jendela yang penuh pada dinding. Selain itu pemanfaatan cermin pada salah satu bilah dinding merupakan solusi yang tepat untuk menambah kesan luas.

    Semoga Ladies bisa mencoba dan merasakan sendiri sensasi dari hunian yang tidak terlalu besar, namun terkesan lapang dengan 5 tips di atas. Selamat mencoba.

    Dikutip dari :
    https://joeragan-artikel.com/tips-menata-hunian-terlihat-lapang/

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *