Tips Menjaga Lensa Kamera Mahal Agar Tidak Mudah Rusak

  • Share

Spirit – Bagi kamu yang senang ataupun hobi melakukan fotografi,maka ada hal yang penting untuk dilakukan. Selain mendapatkan foto yang bagus disertai dengan tempat yang menarik untuk difoto yaitu tips untuk menjaga lensa kamera, sehingga tidak mudah rusak apalagi terkena jamur dan juga air. Berikut ini tips dan trik lengkapnya.

Menjaga Lensa Kamera Profesional

Menjaga Lensa Kamera
source : belfot

Para pengguna kamera profesional mengerti betapa pentingnya menjaga kebersihan lensa yang digunakan. Terutama jika kamu menggunakan lensa yang cukup mahal dan sulit untuk didapatkan. Nyatanya masih banyak para pemula yang ingin terjun ke dunia fotografi, tidak mengerti bagaimana sih mendapatkan tips yang tepat untuk bisa menjaga lensa kamera? Sehingga tidak mudah rusak apalagi berjamur.

1) Hindari Air dan Area Lembab

Menjaga Lensa Kamera
source : nesabamedia

Tips pertama untuk menjaga lensa kamera agar tidak mudah rusak yaitu menjauhkan lensa kamera dari air dan juga basah. Hal ini bukan hanya dapat memicu kelembaban internal lensa, namun bisa menyebabkan komponen internal dari kamera mudah untuk rusak.

Berdasarkan beberapa pengalaman fotografer, sangat tidak disarankan untuk meniup debu ataupun air yang menempel di dalam lensa ya. Mengingat air liur juga bisa saja terciprat ke dalam lensa. Dengan begitu trik meniup debu ini harus dihindari.

2) Gunakan Pelindung Layar

Menjaga Lensa Kamera
source : beritakamera

Bukan hanya ponsel saja yang memiliki pelindung layar, namun nyatanya kamera juga memiliki pelindung layar untuk menjaga lcd kamera agar tetap aman. Terutama bagi kamu yang sering kali meletakkan kamera secara sembarangan.

Melindungi lcd nantinya akan menjaga layar agar tidak mudah tergores dan juga terkena sidik jari. Karena beberapa kamera biasanya mengalami kesulitan untuk dibersihkan, akibat adanya sidik jari yang menempel pada layar.

3) Menjaga Lensa Kamera dan Membersihkannya

menjaga lensa kamera
source : blibli

Cara menjaga lensa kamera ketika yang sudah pasti harus dilakukan oleh para pecinta fotografi yaitu membersihkan body kamera dan lensa secara berkala. Ada berbagai pembersih kamera ini bisa digunakan untuk membantu membersihkannya.

Jika kamu tidak bisa membersihkannya bangkalan tempat untuk membersihkan kamera. Sehingga para ahli akan melakukannya jangan sembarangan karena bisa merusak bagian dalam dari kamera.

4) Lens Hood

source : beritakamera

Lens hood salah satu perangkat yang wajib dipasang dan seringkali disepelekan oleh banyak orang. Padahal lens hood ini dapat membantu mencegah cahaya berlebih masuk kedalam sensor kamera. Sehingga sensor bisa bekerja dengan baik tidak mudah rusak, dan bisa berfungsi untuk membantu melindungi kamera dan juga menjadi pelindung optik lensa dari benturan. 

Sehingga tips menjaga lensa kamera yang satu ini paling sering diaplikasikan. Khususnya bagi mereka para fotografer dengan lensa yang memiliki harga cukup mahal.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *