Tips Mudah Membedakan Mutiara Asli dan Palsu

  • 3 min read
  • Aug 02, 2020
Tips Mudah Membedakan Mutiara Asli dan Palsu

Tips Mudah Membedakan Mutiara Asli dan Palsu , pernah salah menilai kualitas perhiasan mutiara yang dibeli? Atau pernah tertipu membeli mutiara palsu? Rasanya pasti kecewa, ya. Tidak dapat dimungkiri selalu saja ada penjual mutiara yang tidak jujur menyebutkan jenis mutiara yang dijual.

Tips Mudah Membedakan Mutiara Asli dan Palsu

Nah, berikut adalah beberapa tips mudah membedakan mutiara asli dengan mutiara palsu. Semoga dapat membantu Ladies terutama penggemar mutiara agar terhindar dari penipuan.

1. Gunakan Cermin

Tips pertama yang bisa Ladies diterapkan jika memegang langsung mutiara adalah mengetes menggunakan cermin. Fungsi kaca atau cermin ini untuk membantu identifikasi keaslian mutiara secara sederhana. Caranya adalah dengan menggosokkan butir mutiara di permukaan kaca atau cermin secara perlahan dan sedikit ditekan. Apabila terasa sangat licin, kemungkinan besar mutiara tersebut palsu atau imitasi. Namun jika permukaannya terasa agak kesat dan bertekstur tidak rata, bisa dipastikan mutiara tersebut asli.

2. Gunakan Gigi

Hanya dengan bantuan gigi, kita bisa tes keaslian mutiara. Caranya juga sangat sederhana, cukup gigit dan gesek perlahan permukaan butir mutiara. Apabila terasa kesat dan berpasir maka itu mutiara asli. Sedangkan jika licin atau bahkan mengelupas sudah pasti itu mutiara imitasi alias palsu.

3. Membakar Mutiara

Tips ketiga ini lumayan ekstrim yaitu dengan membakar butir mutiara. Terbayang, kan, bagaimana mutiara dibakar? Hangus pastinya. Tetapi, ada trik agar mutiara tidak sampai hitam legam. Caranya ialah dengan meletakkan lubang mutiara di ujung tusuk sate atau jika mutiara masih utuh belum dilubangi, maka bisa memakai tang untuk menjepit butir mutiara.

Selanjutnya posisikan butir mutiara persis di atas api. Ini bisa dengan menggunakan korek api atau kompor. Sebaiknya tidak memakai lilin karena akan mempercepat mutiara hangus. Cukup lakukan maksimal satu menit saja, karena jika terlalu lama otomatis mutiara akan hangus total dan rusak. Mutiara akan pecah dan sangat mengejutkan letusannya.

Mutiara Asli dan Palsu

Apalagi bekas hangusnya tidak bisa dihilangkan. Tujuan pembakaran mutiara sekilas hanya untuk memastikan bahwa butir mutiara tetap utuh, tidak meleleh meski terbakar. Namun jika ingin lebih yakin Ladies bisa membakarnya sampai pecah. Maka di dalam mutiara tersebut akan kita dapati inti atau nucleus serta lapisan-lapisan konsentrisnya.

Sebagai catatan, tips mudah membedakan mutiara asli di atas bisa diterapkan hanya jika kita membeli langsung ke toko atau di tempat wisata yang menjual aksesori mutiara. Dalam artian kita memegang langsung secara fisik si mutiara yang hendak dibeli. Sebelum melakukan tes sederhana tadi, pastikan terlebih dahulu sudah mendapatkan izin dari sang penjual ya, Ladies.

Nah, sekarang bagaimana jika pembelian dilakukan secara online seperti yang marak beberapa tahun terakhir ini? Tenang, berikut ini tipsnya:

Tips mudah membedakan antara mutiara asli dengan yang imitasi serta jenis mutiara lewat foto adalah dengan mengamati bentuknya. Mutiara asli cenderung tidak rata, di permukaannya masih ditemukan garis dan atau bercak.

Mutiara air tawar lebih mudah dikenali karena bentuknya khas. Ada yang oval juga bulat elips. Kecuali yang kualitas super, ada yang bentuknya bulat nyaris sempurna, tetapi relatif masih bisa dikenali karena sejatinya tidak ada mutiara yang identik sama persis. Satu sama lain berbeda bentuk meski hanya sedikit perbedaannya.

Bentuk mutiara yang agak sulit dibedakan adalah mutiara laut grade A dengan mutiara kerang atau shell pearl si mutiara imitasi terbaik di kelasnya. Bentuk kedua mutiara ini sangat mirip. Permukaannya mulus dan nyaris bulat sempurna. Tetapi bisa diperhatikan dari kilau dan warnanya.

Kilau mutiara laut grade A terlihat sangat alami. Hampir mirip marmer tapi berkilau. Warnanya kalem tidak mencolok karena benar-benar warna bawaan dari kerang. Sedangkan shell pearl, kilau dan warnanya sangat mencolok. Varian warnanya juga sangat beragam karena memang buatan manusia. Replika mutiara yang terbuat dari kulit kerang sehingga bisa dibentuk dan diwarnai sedemikian rupa.

Demikian ulasan singkat seputar cara mudah mengenali keaslian mutiara. Dengan membaca tips mudah membedakan mutiara asli di atas, semoga bisa membantu Ladies lebih memahami perbedaan mutiara yang asli dengan yang palsu.

Sebelum memutuskan membeli sebaiknya teliti terlebih dahulu. Cukup terapkan tips pertama dan kedua saja jika memegang langsung mutiaranya.

Untuk tips ketiga jika dipraktikkan saat belum dibayar, kemungkinan besar penjualnya akan marah. Jangan dicoba tanpa persetujuan si penjual. Khusus tips terakhir bisa digunakan saat transaksi online. So, jangan sampai tertipu ya, Ladies. Selamat berburu perhiasan mutiara impian. 

[wp-reviews]

Dikutip dari :
https://joeragan-artikel.com/tips-mudah-membedakan-mutiara-asli-dan-palsu/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *