Tips Mudah Memulai Bisnis Bermodal Kecil, tetapi Untung Besar

  • 2 min read
  • Aug 02, 2020

Apakah Smart Ladies ingin merintis bisnis mandiri, tetapi tidak memiliki modal besar? Tak perlu patah arang, ya! Hampir semua bisnis atau usaha yang sukses berkembang menjadi besar berasal dari usaha kecil-kecilan. Salah satu pebisnis yang diperhitungkan di Indonesia adalah Bob Sadino. Beliau memulai usahanya dari nol hingga menjadi raksasa bisnis seperti sekarang.

Nah, beberapa tips bisnis ala Bob Sadino berikut bisa menjadi pelajaran bagi Ladies yang ingin mulai merintis usaha.

1. Pilih Bisnis di Bidang yang Paling Dikuasai

Pemilihan jenis bisnis sangat memengaruhi berhasil atau tidaknya sebuah usaha. Dengan memilih jenis bisnis yang paling disukai, Ladies akan lebih mudah melakukan riset, menganalisis laba rugi, dan melakukan eksekusi. Selain itu, Ladies juga akan lebih bersemangat karena sudah mengetahui seluk beluknya terlebih dahulu.

2. Promosikan Bisnis kepada Teman-Teman

Saat memulai sebuah bisnis, informasikan terlebih dahulu kepada teman-teman Ladies sebagai langkah awal untuk mengenalkan bisnis ke jaringan yang lebih besar. Selain potensial menjadi pelanggan awal, mereka bisa menjadi mitra bisnis.

3. Promosikan Sendiri

Saat baru memulai sebuah bisnis, Ladies tidak perlu buru-buru menggunakan jasa pihak lain untuk mempromosikan usaha. Selain menambah pengeluaran, cara ini juga kurang efektif. Lebih baik kita mempromosikannya sendiri.

4. Jangan Buru-Buru Mengajukan Pinjaman Modal

Cari investor dari pihak keluarga, saudara, atau teman yang bisa diajak bekerja sama. Tawarkan kerja sama yang saling menguntungkan. Jangan lupa untuk membuat perjanjian tertulis yang bisa dijadikan landasan jika suatu saat terjadi perselisihan. Saat bisnis berhasil, jangan lupa untuk memberikan keuntungan sesuai kesepakatan.

5. Maksimalkan Pemanfaatan Media Sosial

Di zaman modern dan serba digital sekarang ini, media sosial memiliki banyak manfaat dalam mengembangkan bisnis. Semua pebisnis wajib memiliki beragam media sosial sebagai sarana promosi. Media sosial bisa menjadi senjata yang ampuh untuk mengenalkan bisnis Ladies ke jaringan yang lebih luas.

6. Berusaha Keras

Modal bisnis yang terbatas harus diimbangi dengan kerja keras agar usaha bisa berkembang. Ladies bisa memberikan pelayanan pesan-antar sehingga pelanggan tak perlu keluar rumah atau pelayanan purna jual yang lebih baik dari pebisnis lain. Memberikan pelayanan yang setingkat lebih baik bisa membawa keuntungan yang besar.

7. Tekun dan Jangan Bosan

Sebuah bisnis tak mungkin selamanya berjalan mulus. Layaknya roda yang selalu berputar, ada masanya bisnis mengalami untung atau rugi. Yang terpenting, jangan bosan dan patah semangat. Saat bisnis terpuruk, lakukan terobosan dan inovasi untuk mengatasinya, tetap konsisten, dan buang jauh-jauh rasa bosan.

Tips ala Bob sadino di atas, simpel, tetapi membutuhkan usaha keras. Namun, bila Ladies bisa menjalankannya, bukan tidak mungkin, bisnis yang dimulai dengan modal kecil bisa menghasilkan untung yang besar. Tetap semangat, Ladies!

Dikutip dari :
https://joeragan-artikel.com/tips-mudah-memulai-bisnis-bermodal-kecil-tetapi-untung-besar/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *