Cara Mengatasi Insomnia Akut

By Categories : Kesehatan

Insomnia bukanlah sebuah penyakit yang harus menjadi sebuah momok ketakutan dalam kehidupan. Melainkan sebuah gangguan psikologis yang muncul karena disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah karena stres atau tekanan pikiran yang terlalu kuat. Selain itu juga bisa dikarenakan pola hidup yang tidak baik. Apalagi dengan kondisi seperti saat ini yang semuanya serba modern ini tentu tuntutan dan lingkungan yang semakin berat.

Cara Mengatasi Insomnia Akut

Berkaitan dengan insomnia atau susuh tidur ini sebenarnya memiliki beberapa varian diantaranya sebagai berikut :

  • V Sindrom Fase-delayed sleep phase syndrome (tidur terlambat) : Suatu kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau baru bisa tidur jika waktu menunjukkan larut malam. Kondisi seperti ini biasanya sering dialami oleh seorang remaja atau anak muda.
  • V Sindrom Lanjut-advanced sleep syndrome : Kondisi susuh tidur ini biasanya akan dialami oleh seseorang yang sudah berumur lanjut usia (lansia).
  • Insomnia Trasien : Susah tidur dalam jangka pendek ketika tubuh dalam kondisi merespon terhadap perubahan fisik atau lingkungan dan juga bisa diakibatkan kondisi psikologis tidak stabil (stres).
  • Insomnia Kronik: Kondisi ini terjadi ketika insomnia trasien terjadi dan telah menjadi sebuah kebiasaan dimana telah menjadi pola bawah sadar tidak mampu lagi merasakan tidur dengan nyenyak. Biasanya mereka menganggap tidur sebuah perjuangan yang harus mereka lakukan. Inilah yang juga disebut telah memasuki insomnia akut,

Nah berkaitan dengan insomnia akut, seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi tentu saja kondisi tersebut sangatlah mengganggu dan menyiksa jika tidak ditangani dengan cepat. Berikut ini akan dijelaskan cara untuk mengatasi insomnia akut yang harus Anda ketahui. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

Tetapkan Jam Tidur Malam
Cara mengatasi insomnia akut yang pertama adalah dengan mengatur atau menetapkan jam tidur di malam hari. Dengan cara ini dipastikan Anda akan dapat tidur teratur meskipun pada awalnya sangat sulit tapi dipastikan hal itu tidak bertahan lama. Minimal untuk memulai jadwal tidur malam jam 9 sudah berada di tempat tidur.

Menghindari Minum Kafein Sebelum Tidur
Penyebab insomnia salah satunya adalah karena mengonsumsi kafein sebelum tidur. Karena kafein dapat menimbulkan efek 9 jam setelah minum kafein dan efeknya tersebut adalah tidak bisa tidur. Jika kebiasaan tersebut dilakukan terus maka akan menimbulkan insomnia akut. Cara yang paling tepat adalah hindari minuman dan makanan yang mengandung kafein.

Tenangkan Fikiran
Cara mengatasi insomnia akut memang dibutuhkan cara yang lebih ekstra, salah satunya adalah dengan cara menenangkan fikiran. Hal ini dikarenakan fikiran yang tidak tenang dapat memicu terjadinya seseorang gelisah dan tidak bisa tidur. Adapun cara untuk menenangkan fikiran yaitu dengan mendengarkan musik, meditasi, membaca buku, melakukan yoga dan cara lainnya.

Baca juga artikel mengenai Tips mengatasi insomnia secara alami.

loading...