Bahaya Tidur Menggunakan Kipas Angin

By Categories : Kesehatan

Tidur merupakan salah satu kewajiban setiap orang. karena dengan tidur, kita dapat lebih segar dan fresh pada keeseokan harinya. Biasanya seseorang yang tidak dapat tidur disebabkan oleh beberapa hal salah satunya yaitu terlalu banyak mengonsumsi kafein, lapar ataupun cuaca yang sangat panas. Ya, cuaca yang tidak menentu juga dapat mempengaruhi kualitas tidur kita dan biasanya untuk mengatasi hal ini kita lebih sering menggunakan kipas angin untuk memberikan kesejukan dan menyegarkan udara. Akan tetapi penggunaan kipas angin yang terlalu lama saat tidur juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan. berikut adalah bahaya tidur menggunakan kipas angin yang perlu Anda ketahui!

Bahaya Tidur Menggunakan Kipas Angin

Bahaya penggunaan kipas angin saat tidur malam

Dehidrasi

Bahaya tidur menggunakan kipas angin yang pertama adalah menyebabkan dehidrasi. Sekitar 70% tubuh menusia membutuhkan asupan air. Oleh karena itu jika tidur menggunakan kipas angin pastinya ini akan membuat tubuh kekurangan cairan dan pada akhirnya ini pun akan berdampak buruk terhadap fungsi masing-masing organ. Hal ini pun diungkapkan oleh Dr. Wendra Ali yaitu seorang dokter ahli saraf yang menyatakan bahwa seseorang yang berada diruangan dingin dalam waktu yang lama akan membuat tubuh seseorang tersebut mengalami dehidrasi atau kekurangan air.

Sesak napas

Bahaya yang kedua adalah dapat menyebabkan sesak napas. Hal ini terjadi karena udara yang Anda hirup hanya mengandung oksigen yang sangat sedikit dan jika ini selalu terjadi pasti oksigen dan karbon dioksida akan semakin bertambah. Bahayanya, hal ini akan menyebabkan sesak napas jika tubuh kekurangan pasokan oksigen. Tak hanya itu saja, hal ini juga merupakan pemicu asma.

Kulit menjadi kering

Bahaya tidur menggunakan kipas selanjutnya adalah dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Tak hanya panas sinar matahari saja yang dapat menyebabkan masalah ini, kondisi cuaca yang terlalu dingin juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar. Hal ini dikarenakan saat berada pada ruangan dingin, tubuh akan kekurangan air. Dan seperti yang Anda ketahui kulit sangat membutuhkan air untuk menjaganya lebih lembab.

Rentan terhadap penyakit

Penggunaan kipas angin yang terlalu sering juga dapat menyebabkan metabolisme tubuh tidak berjalan dengan baik. sehingga hal tersebut dapat menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. menggunakan kipas angin saat tidur pun juga dapat membuat sel-sel imun beraktivitas secara lambat, dan hal ini akan membuat tubuh lebih mudah terserang oleh penyakit. Apalagi saat Anda tidur dan menghirup udara yang sudah terkontaminasi oleh virus, tentunya potensi Anda terserang penyakit tersebut akan lebih besar.

Nah itulah beberapa bahaya tidur dengan menggunakan kipas angin. Selain itu, bahaya lainnya juga dapat menyebabkan suhu tubuh menurun dan juga infeksi saluran pernapasan. Baca juga artikel mengenai Bahaya menyalakan lampu saat tidur.

Tags:bahaya tidur menggunakan kipas angin, tidur menggunakan kipas angin saat hamil, jika bumil tidur pakai kipas gak massalah, bahaya tidur pakai kipas angin, bahaya menggunakan kipas angin setiap saat tidur, efek penggunaan kipas angin pada ibu hamil, efek dari ibu hamil sering kipas angin, bolehkah memakai kipas angin apa tidak berbahaya untuk janin, bolehkah bumil makai kipas angin, bahayakah orang hamil tidur pada malam hari menggunakan kipaa angin, bahaya tidur saat menggunakan kipas angin, bahaya kah bagi janin kipas angin waktu tidur, bahaya memakai kipas angin saat hamil, bahaya tidur menggunakan, bahaya tidur dengan menyalakan kipas angin