Cara Merawat Sepatu Suede yang Tepat

By Categories : Fashion

Tahukah Anda apa itu sepatu suede? Sepatu ini merupakan jenis sepatu yang baik digunakan pria atau wanita yang terbuat dari bahan kulit hewan seperti sapi atau domba. Akan tetapi dalam penyamakan kulitnya terjadi pada bagian kulit bagian dalam. Sehingga jika dilihat secara sekilas sepatu ini sama seperti sepatu beludru. Selain digunakan sebagai bahan sepatu, suede juga sering digunakan untuk pembuatan tas.

cara merawat sepatu suede yang tepat

Seperti yang Anda ketahui, sepatu berbahan suede memang terliat sylish dan elegan. Berbeda dengan sepatu kulit asli, sepatu suede pada umumnya memiliki lebih banyak variasi warna. Sehingga sepatu ini sangat cocok digunakan untuk acara-acara kasual. Meskipun begitu, sepatu suede sangat memerlukan perawatan ekstra. Karena salah dalam perawatannya dapat membuat sepatu ini cepat rusak. Nah, lalu bagaimana cara merawat sepatu suede yang tepat? Berikut ulasannya.

Cara merawat dan membersihkan sepatu berbahan suede

Gunakan spray pelindung sepatu

Cara merawat sepatu suede yang pertama adalah dengan menggunakan spray pelindung sepatu. Spray pelindung yang Anda gunakan berguna untuk melindungi sepatu suede Anda dari debu, kotoran dan juga cuaca ekstrim. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk menyemprotkan spray pelindung sebelum menggunakannya. Spray pelindung sepatu seude tersebut dapat Anda temukan di toko-toko sepatu atau supermarket lainnya.

Jangan bersihkan dengan air

Cara yang kedua adalah dengan cara hindari membersihkan sepatu dengan menggunakan air. Meskipun sepatu Anda sangat kotor, sebaiknya Anda menghindari mencucinya dengan menggunakan air. Hal ini dikarenakan air yang Anda gunakan dapat membuat warna dan tekstur alas kaki sepatu suede Anda menjadi semakin rusak dan tidak dapat digunakan kembali.

Gunakan bedak dan tepung maizena

Cara merawat sepatu suede yang tepat selanjutnya adalah dengan menggunakan bedak ataupun tepung meizena. Jika sepatu suede Anda terkena air, Anda tidak perlu khawatir. Untuk mengatasi hal caranya mudah yaitu hanya dengan melap area sepatu yang basah dengan menggunakan kain kering yang lembut. Setelah itu taburkan sedikit bedak tabur atau tepung maizena, diamkan semalaman kemudian keesokan harinya Anda dapat membersihkan sisa bedak atau tepung tersebut dengan menggunakan sikat suede.

Gunakan cuka

Sebagian besar orang sangat khawatir jika sepatu suede mereka terkena kotoran ataupun lumpur. Hal ini dikarenakan cara membersihkan sepatu suede tidaklah mudah seperti jenis sepatu lainnya. Namun jika sepatu suede Anda terkena kotoran Anda tidak perlu panik, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan cuka. Caranya pun mudah yaitu basahi handuk yang lembut dengan menggunakan cuka. Lap secara perlahan sepatu tersebut hingga kotoran pada sepatu memudar. Akan tetapi jika Anda kesulitan dalam mencucinya Anda dapat membawa sepatu suede Anda ke tempat cuci profesional.

Nah itulah beberapa cara merawat sepatu suede yang tepat. Baca juga artikel mengenai Tips merawat sepatu berbahan kanvas.

Tags:sepatu suede