Makanan Untuk Penderita Osteoporosis

By Categories : Kesehatan

Osteporosis atau keroposnya tulang merupakan sebuah penyakit yang membuat penderitanya rentan mengalami patah tulang dan gangguan penyakit tulang lainnya. Penyakit ini sering kali menyerang seseorang yang sudah berusia lanjut khususnya bagi wanita monopause. Hal ini dikarenakan wanita monopause mengalami kehilangan hormon estrogen yang dapat meningkatkan resiko terkena osteoporosis.

Makanan Untuk Penderita Osteoporosis

Menurut The Osteoporosis Istilah ini diciptakan oleh Johann Lobstein pada sekitar awal abad ke-19, yang mengatakan bahwa konsekuensi dari pembentukan tulang terganggu karena kekurangan esterogen. Selain itu osteoporosis bukan hanya sekedar penyakit yang membuat kepadatan tulang hilang, namun juga membuat jumlah jaringan tulang berkurang dan memicu tidak normalnya struktur atau bentuk mikroskopik tulang. Maka untuk menghindari hal itu terjadi tentu harus dilakukan berbagai upaya salah satunya dengan cara mengonsumsi jenis makanan bagi penderita osteoporosis. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut!

Inilah Makanan Bagi Penderita Osteoporosis

Wortel

Wortel memiliki kandungan kaya akan alpha-carotene, beta carotene dan betacryptoxanthin yang berfungsi untuk mempertahankan kekuatan tulang atau pencegah terjadinya pengeroposan tulang. Cara untuk memanfaatkannya cukup mudah yaitu cukup mencuci bersih wortel tersebut dan makanlah dalam kondisi mentah. Wortel mentah lebih memiliki manfaat lebih baik dibandingakan wortel yang sudah dimasak atau dalam kondisi matang.

Kacang

Makanan bagi penderita osteoporosis berikutnya adalah kacang. Banyak yang beranggapan bahwa kacang dapat memicu tumbuhnya jerawat pada wajah, maka dari itulah mereka menghindari makan kacang. Tapi satu hal yang harus Anda tahu bahwa kacang memiliki kandungan kalsium, magnesium dan fosfor yang sangat baik bagi kesehatan tulang.

Buah dan Sayuran

Sayuran yang dapat membuat tulang menjadi kuat tentu Anda sudah tidak asing lagi yaitu bayam, brokoli dan masih banyak lagi lainnya. Semua jenis sayuran tersebut memiliki kandungan yang dapat membuat tulang sehat diantaranya kalsium, vitamin C, senyawa oxalate. Sedangkan untuk buah-buahan yang dapat membuat tulang sehat terhindari dari penyakit osteoporosis adalah jeruk, jambu, nanas, pisang dan strawberry.

Ikan

Ikan memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi yang sangat bagus bagi kesehatan tulang. Adapun jenis ikan tersebut adalah ikan salmon, ikan tuna dan sarden. Adapun manfaatnya adalah dapat mengatasi osteoporosis dan mencegah penyakit nyeri sendi akibat rematik. Sebab ketiga jenis ikan tersebut mengandung omega-3 yang juga sangat baik kesehatan tulang.

Susu

Susu merupakan minuman yang tinggi akan kandungan protein dan kalsium sehingga dapat membuat tulang menjadi sehat dan serta dapat terhindar dari penyakit osteoporosis. Selain susu, produk olahan dari susu seperti yogurt, keju dan lainnya juga memiliki manfaat yang sama.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai makanan bagi penderita osteoporosis yang harus Anda ketahui.

loading...
Tags:makanan bagi penderita osteoporosis, buah untuk osteoporosis, pantangan makan pada penderita oateoporosis, makanan buat penderita osteoporosis, makanan penderita osteoporosis, menu makanan untuk osteoporoais, pantangan makan dan makanan yg baik untk penderita oeteoporosia, sayur apa aja yg boleh di mkn sma org esteporosis