Makanan Penyebab Keguguran di Awal Kehamilan

By Categories : Kesehatan

Makanan penyebab keguguran perlu diketahui oleh para ibu yang baru pertama kali hamil. Bagi para ibu hamil menjaga kesehatan diri dan kandungan adalah hal yang sudah sepantasnya dilakukan. Hal ini bertujuan agar kondisi janin dalam kandungan tetap dalam kondisi sehat sampai lahir. Pada umumnya para ibu hami diwajibkan mengonsumsi makanan bergizi, bernutrisi dan diwajibkan untuk mengonsumsi makanan lebih besar dari porsi biasanya. Tujuannya agar tercukupi semua nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dan janin. Meskipun begitu tidak semua makanan dapat ibu hamil konsumsi.

 

Ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari, karena makanan tersebut dapat memberikan efek buruk pada kesehatan Anda dan janin Anda salah satunya yaitu dapat menyebabkan keguguran. Nah, berikut adalah makanan penyebab keguguran di awal kehamilan.

Makanan Penyebab Keguguran

Makanan Penyebab Keguguran yang Wajib Dihndari

Kepiting

Makanan penyebab ibu hamil keguguran yang pertama adalah kepiting, siapa yang tidak mengetahui jenis makanan laut yang satu ini. kandungan omega 3 dan protein yang tinggi sangat berguna untuk menjaga kesehatan. Namun tidak bagi ibu hamil, seseorang yang sedang mengandung sebaiknya menghindari makanan laut yang satu ini, karena kepiting mengandung logam berat serta merkuri yang dapat membuat rahim menyusut dan pendarahan. Sehingga hal ini akan dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil.

Nanas

Selain makanan laut, Anda juga harus menghindari jenis buah ini. Buah nanas merupakan salah satu makanan yang harus dihindari ibu hamil. Karena buah nanas mengandung enzim yang dapat membuat suhu air ketuban meningkat, akibatnya ini akan menghambat pertumbuhan janin. Tak hanya itu saja, enzim protease dan enzim bromealin tersebut juga dapat memicu keguguran.

Pepaya muda

Makanan penyebab keguguran selanjutnya adalah pepaya muda. Setiap orang pasti mengetahui bahwa pepaya memiliki kandungan serat tinggi yang berguna untuk melancarkan pencernaan. Namun sebaiknya ibu hamil menghindari buah yang satu ini terlebih jika pepaya masih sangat muda. Sama seperti nanas, pepaya muda juga mengandung enzim protease yang dapat memicu terjadinya keguguran. Selain itu pepaya muda juga mengandung getah yang cukup banyak. Sehingga, selain enzim protease getah yang terkandung dalam pepaya muda juga dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil.

Keju dan susu

Pada umumnya susu dan keju adalah makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan. Akan tetapi, keju dan susu yang tidak diolah melalui pasteurisasi sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Karena susu tersebut biasanya masih mengandung mikroorganisme berbahaya. Salah satu bakteri yang sering dijumpai adalah listeria. Bakteri tersebut merupakan bakteri jahat yang dapat menghambat pertumbuhan janin dan juga dapat menyebabkan keguguran.

Kelengkeng

Makanan penyebab keguguran selanjutnya adalah kelengkeng. Kelengkeng merupakan buah yang cukup populer di Indonesia. Meskipun memiliki rasa yang cukup enak. Akan tetapi ibu hamil tidak boleh mengonsumsi buah yang satu ini. Karena buah kelengkeng memiliki efek panas dan dapat menyebabkan nyeri perut, flek dan bahkan dapat menyebabkan keguguran.

Daging setengah matang

Daging setengah matang memiliki risiko terhadap kontaminasi bakteri toksoplasmosis dan salmonella. Oleh karena itu ibu hamil sebaiknya menghindari daging yang masih mentah ataupun yang masih setengah matang. Hal ini dikarenakan jika daging tersebut terkontaminasi dengan bakteri listeria dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan kembali jika ingin mengonsumsinya.

Jus kalengan

berikutnya adalah jus kalengan. Tak hanya susu, ketika ingin mengonsumsi jus kalengan Anda juga harus memeriksa label produkai jus buah untuk memastikan apakah jus tersebut sudah dipasteurisasi atau tidak. Jika tidak, ibu hamil sangat rentan terhadap serangan bakteri E. coli yang dapat menyebabkan keguguran. Selama kehamilan, pastikan Anda mengonsumsi buah yang baik untuk ibu hamil dan membuat jus sendiri di rumah.

Hindari mengonsumsi vitamin C terlalu banyak

Vitamin C memang memiliki manfaat yang baik untuk menjaga sistem imun tubuh. Akan tetapi efek samping kelebihan vitamin C juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Salah satu nya yaitu dapat menyebabkan keguguran selama kehamilan. Selain itu, vitamin C yang berlebih juga dianggap sebagai menghambat kehamilan bagi pasangan yang ingin mendapatkan momongan.

Daun katuk

Selama ini daun katuk memang dipercaya memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti sebagai pencahar, detoksifikasi racun dalam tubuh, mengurangi panas tubuh dan masih banyak lagi. Akan tetapi daun katuk juga mengandung zat papaveri. Jika ibuu hamil mengonsumsinya lebih dari 30 mg, maka ibu hamil  mungkin akan mengalami kontraksi  rahim dan menyebabkan keguguran.

baca juga : makanan yang baik dikonsumsi paska keguguran

Nah itulah beberapa makanan penyebab keguguran di awal kehamilan yang harus Anda hindari. Selain itu Anda juga harus menghindari makanan lainnya yaitu durian, ikan sejenis predator (tongkol, kakap dan lainnya) serat daging dan telur yang tidak tepat cara memasaknya.

loading...
Tags:makanan yang menyebabkan keguguran di awal kehamilan