Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

By Categories : Kesehatan

Penyebab sakit perut sebelah kiri perlu Anda ketahui agar dapat dilakukan tindakan atau pengobatan yang tepat. Hampir setiap orang pasti pernah mengalami sakit perut. Akan tetapi tidak semua orang mengalami penyebab dari sakit perut yang sama. Tahukah Anda perbedaan penyebab tersebut dapat ditentukan dari lokasi rasa sakit yang Anda derita? Nah kali ini akan membahas penyebab dari sakit perut sebelah kiri pada wanita. Menurut dr. Dito Anurogo, medical doctor at Indonesian Young Health Professionals Society berikut adalah penyebab dari sakit perut sebelah kiri pada wanita.

penyebab sakit perut sebelah kiri

sakit perut sebelah kiri

Penyebab sakit perut sebelah kiri atas

 

  • Gangguan ginjal

Penyebab dari sakit perut sebelah kiri atas yang pertama adalah karena disebabkan adanya gangguan ginjal. Gangguan ginjal yang sering dialami seseorang adalah nephrolithiasis (batu ginjal), pyelonephritis dan lainnya. Jika penyakit tersebut menyerang Anda, maka dapat dipastikan salah satu gejala yang sering terjadi adalah mengalami sakit perut sebelah kiri atas.

  • Gangguan lambung

Penyebab yang kedua adalah adanya gangguan pada lambung. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika seseorang yang mengalami gangguan lambung akan menyebabkan perut sebeleh kiri atas akan mengalami nyeri dan sakit. Ada beberapa gangguan lambung yang sering dialami oleh setiap orang, antara lain gastriris, peptic, ulcer atau tukak lambung dan jug gangguan esophagitis.

  • Mengalami penyakit jantung

Penyebab dari sakit perut sebelah kiri atas selanjutnya adalah mengalami penyakit jantung. Jika Anda mengalami sakit perut sebelah kiri atas dan juga sesak pada bagian dada, tentunya Anda perlu waspada karena tidak sedikit orang yang mengalami serangan jantung mendadak akibat membiarkan gejala yang satu ini.

Penyebab sakit perut sebelah kiri bawah

  • Problematika ginekologis (untuk wanita)

Saat seorang wanita mengalami sakit perut sebelah kiri bawah sebaiknya Anda waspada dan hati-hati. Karena hal ini dapat disebabkan karena kehamilan ektopik atau hamil diluar kandungan, fibroid, PID atau radang pinggul dan lainnya. Oleh karena itu sangat penting untuk berkonsultasi dengan ahli kandungan agar hal ini tidak terjadi pada Anda.

  • Sembelit

Penyebab yang kedua adalah sembelit. Seseorang yang mengalami sembelit kronis dan akut juga dapat menimbulkan nyeri para perut bagian kiri bawah dan juga kanan bawah. Untuk melancarkan pencernaan, Anda dapat merangsangnya dengan cara berjalan-jalan ataupun dengan minum air putih. Akan tetapi jika cara tersebut tidak berhasil, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

  • Aneurisma aorta perut

Penyebab dari sakit perut sebelah kiri selanjutnya adalah karena adanya aneurisma aorta perut. Aorta perut adalah pembuluh darah yang membawa suplai darah dari jantung yang menuju ke perut. Aneurisma aorta perut sendiri disebabkan karena pembuluh darah tersebut pecah dan bocor akibat komplikasi medis. Sehingga hal ini dapat menyebabkan sakit parah di bagian perut. Untuk mengatasi hal ini, biasanya dilakukan operasi aorta.

  • Infeksi saluran kemih

Penyebab sakit perut sebelah kiri selanjutnya adalah karena infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih biasanya dikaitkan dengan nyeri saat buang air kecil. Biasanya hal ini disebabkan oleh bakteri yang menyerangs sistem ekskresi yang terdiri dari ginjal, kandung kemih, ureter ataupun uretra. Hal ini dapat menyebabkan nyeri perut sebelah kiri dan juga sensasi terbakar pada saat buang air kecil serta dorongan ingin buang air kecil berulang.

  • Divertikulitis

Gangguan yang satu ini sering terjadi pada yang lebih tua. Jika tidak segera diatasi rasa sakit ini dapat memburuk dan parah dari waktu ke waktu. Selain sakit perut, divertikulitis juga disertai gejala lain seperti demam, pembengkakan di daerah perut kiri bawah, mual, muntah, kembung dan bahkan diare berdarah. Jika masih tahap ringan, penyakit ini dapat diatasi dengan cara diet, istirahat teratur dan mengonsumsi antibiotik. Akan tetapi jika sudah serius mungkin melakukan operasi dapat dipertimbangkan.

  • Obstruksi usus

Berikutnya adalah obstruksi usus. Penyebab dari penyakit ini adalah usus besar terpuntir, tumor ataupun hernia. Sumbatan usus akan mencegah lewatnya makanan dan cairan, sehingga menyebabkan peradangan dan nyeri berupa kram perut, muntah, mual dan juga diare.

Cara mengatasi nyeri perut sebelah kiri

Mengatur gaya hidup

Yang pertama adalah denganc ara mengatur gaya hidup agar lebih sehat. Jangan lupa untuk berolahraga ataupun latihan fisik seperti yoga. Karena latihan fisik dapat membantu otot perut menjadi lebih rileks. Olahraga juga merupakan cara efektif untuk meringankan sakit perut yang disebabkan oleh tegang otot.

Mengatur pola makan

Yang kedua adalah dengan mengatur pola makan. Kondisi yang menyebabkan sakit perut terutama bagian bawah semakin buruk adalah kebiasaan makanan yang tidak teratur. Oleh karena itu mulailah untuk mengatur pola makan dan pastikan minum air putih setidaknya 8 gelas per hari. karena ini dapat membantu Anda untuk menghindari masalah pencernaan.

Konsultasi ke dokter

Periksalah ke dokter jika Anda mengalami BAB berdarah, pendarahan jalan lahir, lemas, muntah darah, perut kaku dan juga pucat.

Nah itulah beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri yang perlu Anda ketahui.

loading...
Tags:perut sebelah kiri sakit saat ditekan, perut bagian kiri bawah sakit saat ditekan, perut atas sebelah kiri bila ditekan berbunyi seperti ada airnya itu tanda apa, gambar orang sakit perut, kenapa perut sebelah kiri sakit kalo ditekan, kenapa perut bagian kiri kaya kosong, kenapa perut bagian kiri atas krucuk-krucuk, Kenapa kembung sebela kiri dan terasa kaya air, kenaapa perut sebrlah kiri swring bunyi, kemih kiri bawah dipencet sakit, kalau perut kosong sakit diperut kiri, jika perut di tekan berbunyi, jika hamil perut sebelah mana yg sakit jika ditekan, gejala perut kaku di sebelah kiri dan terasa sakit, bunyi d perut kiri